Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Dikabarkan Bikin Chip ARM, Ingin Lepas dari Intel?

Kompas.com - 21/12/2020, 17:04 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Apple nampaknya bukan satu-satunya perusahaan yang ingin mengurangi ketergantungan pada Intel. Sebab, baru-baru ini Microsoft disebut tengah mengembangkan chip berbasis ARM untuk produk besutannya.

Menurut sumber yang dekat dengan industri, chip tersebut konon akan digunakan di perangkat laptop Surface dan infrastruktur layanan cloud-nya. Nantinya, chip ini juga akan digunakan di server yang menjalankan layanan cloud Azure Microsoft.

Saat ini, mayoritas perangkat laptop Surface dan server di layanan Azure mereka memang masih mengandalkan chip besutan Intel. 

Meski begitu, belum diketahui, apakah rencana ini akan berkembang menjadi produk akhir atau hanya sebatas percobaan saja. Pihak Microsoft dan ARM pun tidak memberikan keterangan terkait kabar ini.

Baca juga: ARM Bocorkan Performa CPU dan GPU Ponsel Android Keluaran 2021

"Karena silicon adalah infrastruktur teknologi dasar, maka kami akan terus mengembangkan kemampuan kami di berbagai bidang seperti desain, manufaktur, dan perangkat, serta memperkuat kemitraan dengan sejumlah pabrikan chip," kata juru bicara Microsoft, Frank Shaw.

Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft memang mulai merekrut tenaga ahli yang berpengalaman dalam menggarap chip. Mereka kebanyakan berasal dari Intel, AMD, nVidia, hingga Qualcomm.

Dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (21/12/2020), inisiatif untuk menggarap chip tampaknya dilakukan untuk bersaing dengan layanan cloud raksasa lain seperti Amazon (AWS).

Amazon sudah mengembangkan prosesor ARM-nya sendiri yang bernama Graviton2. prosesor ini diperkenalkan pada 2019 lalu dan digunakan di Amazon Web Services (AWS).

Apabila benar terwujud, maka rencana Microsoft untuk beralih menggunakan prosesor buatan sendiri sebagai "otak" dari aneka perangkatnya akan serupa dengan langkah yang diambil oleh Apple.

Baca juga: Berkat Chip ARM, Baterai Macbook Pro Terbaru Diklaim Tahan 20 Jam

Pada November lalu, Apple mengumumkan bahwa ketiga perangkat Mac terbarunya yakni Macbook Air, Pro, dan Mac mini sudah dibekali dengan chip berbasis ARM buatan Apple Silicon bernama Apple M1.

Ini adalah pertama kalinya Apple menggunakan prosesor buatan sendiri di dalam perangkat Mac besutannya. Sebelum kehadiran Apple M1, deretan produk Macbook dan Mac menggunakan chip buatan Intel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com