Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Retweet" di Twitter Kini Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

Kompas.com - 22/12/2020, 09:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter akhirnya merilis salah satu fitur yang cukup banyak diminta pengguanya selama ini. Mulai sekarang, pengguna Twitter bisa menyembunyikan retweet dari akun yang diikuti (following).

Selama ini, retweet dari akun-akun yang diikuti pengguna akan muncul di linimasa. Banyak pengguna yang merasa terganggu dengan retweet dari akun-akun tersebut, namun tidak sedikit pula yang merasa terbantu, karena merasa masih memiliki relevansi.

Oleh karena itu, pengguna bisa mengatur sendiri retweet dari akun siapa yang ingin disembunyikan dan akun mana yang retweet-nya tetap ingin dilihat.

Baca juga: Pilpres AS Selesai, Cara Retweet di Twitter Kembali Seperti Semula

"Jika Anda menyukai tweet dari sebuah akun, tapi tidak menyukai retweet, Anda bisa menon-aktifkannya," tulis akun Twitter Support.

Cara menyembunyikan retweet akun tertentu juga cukup mudah. Apabila menemukan akun yang retweet-nya dirasa mengganggu, buka profil akun tersebut, kemudian klik ikon menu yang dilambangkan dengan titik tiga ("...").

Lalu, pilih "matikan retweet"/"turn off retweets".

Dihimpun dari blog resmi Twitter, pengaturan ini tidak bersifat resiprokal (dua arah). Artinya, apabila akun tersebut mengikuti Anda, retweet dari Anda masih akan tetap muncul di linimasanya.

Baca juga: Daftar 10 Akun Twitter Terpopuler di Indonesia Sepanjang 2020

Retweet yang dilakukan sebelum disembunyikan juga akan tetap muncul di linimasa kita. Dari pantauan KompasTekno, pengaturan ini baru bisa dilakukan melalui aplikasi Twitter versi mobile di Android dan iOS, dan belum tersedia di versi desktop.

Meski demikian, kicauan yang disukai (liked) oleh akun-akun yang kita ikuti tetap akan muncul di linimasa kita.

Beberapa pengguna Twitter sudah meminta agar fitur ini dihapus oleh Twitter. Sejauh ini, Twitter belum memberikan opsi untuk menyembunyikan tweet yang disukai. Mungkin suatu saat nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com