Rangkum Video TikTok Setahun dengan "Year on TikTok", Begini Caranya

Kompas.com - 22/12/2020, 13:34 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2

KOMPAS.com - Menutup akhir tahun 2020, sejumlah platform aplikasi seperti Apple Music, YouTube Music, Tidal, dan Spotify menghadirkan fitur kilas balik untuk penggunanya.

Seakan sudah menjadi tradisi, deretan aplikasi tersebut menyajikan rapor berisi total waktu dengar hingga daftar lagu dan album yang paling sering diputar oleh pengguna.

Namun rapor unik tersebut tidak sebatas disajikan oleh aplikasi musik saja. Aplikasi video pendek TikTok pun turut menghadirkan fitur serupa dengan nama Year on TikTok di platform Android dan iOS.

Baca juga: Facebook Luncurkan Aplikasi Mirip TikTok Bernama Collab

Fitur ini memungkinkan pengguna melihat kategori video yang paling banyak dilihat, video yang paling banyak di-like, hingga berapa banyak video yang dibagikan ke pengguna lain.

Cara melihat kilas balik Year on TikTok melalui aplikasi TikTokKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara melihat kilas balik Year on TikTok melalui aplikasi TikTok
Dengan menghadirkan fitur Year on TikTok, TikTok bermaksud untuk menghibur para penggunanya sekaligus merayakan momen yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

"Kami dengan senang hati membantu merayakan momen menyenangkan Anda di Tiktok, sepanjang tahun 2020," tulis pihak TikTok melalui situs resminya.

Cara membuat

Year on TikTok bisa diakses dengan meng-klik ikon "Year on TikTok" di linimasa For You, atau melalui halaman Discover.

Jika belum menemukan ikon "Year on TikTok", pengguna bisa melakukan update manual terlebih dahulu melalui toko aplikasi masing-masing.

Baca juga: Setelah Spotify Wrapped, YouTube Music Juga Bikin Daftar Lagu Populer

Selanjutnya, klik opsi "Get Started" untuk mulai melihat kilas balik TikTok. Pengguna TikTok bisa membagikan hasil "rapor" miliknya lewat TikTok.

Tak hanya kilas balik, banner tersebut juga menyajikan deretan video TikTok Indonesia yang paling populer sepanjang tahun 2020.

Popularitas TikTok sendiri meroket di tengah pandemi. Aplikasi video pendek asal China itu telah diunduh lebih dari 2 miliar pengguna, terhitung sejak Maret hingga Desember 2020 sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNet, Selasa (22/12/2020).



Sumber TikTok
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X