Layanan Data Diprediksi Meningkat Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2020, 15:42 WIB
Ilustrasi media sosial (ipopba) KOMPAS.COM/Ilustrasi media sosial (ipopba)

KOMPAS.com - Menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Naru), lalu-lintas (trafik) dan kebutuhan akan kuota data pelanggan operator seluler diprediksi akan meningkat. Operator seluler pun melakukan sejumlah antisipasi untuk menghadapi lonjakan trafik.

Telkomsel

Telkomsel memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19 persen dibandingkan dengan hari biasa pada 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3 persen.

Prediksi tersebut didasari pada tren perubahan perilaku pelanggan selama masa pandemi sepanjang tahun ini, di mana terjadi pergeseran pemanfaatan akses layanan berbasis digital untuk kebutuhan mendukung aktivitas keseharian.

Baca juga: Pulsa dan Kartu Perdana Telkomsel Kini Bisa Dibeli dari Aplikasi GoJek

Akses layanan yang diprediksi akan meningkat adalah media sosial (7,32 persen), layanan communications (seperti instant messaging dan video conference) (22,52 persen), streaming video (12,47 persen), layanan mobile gaming (18,65 persen), akses browsing (14,21 persen), serta e-commerce (13,17 persen).

Sedangkan untuk trafik pada layanan SMS, Telkomsel memproyeksi akan terjadi pertumbuhan sebesar 4,89 persen dibandingkan dengan hari biasa di 2020. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru 2019, pertumbuhan yang terjadi diprediksi mencapai 0,8 perseb.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk layanan Voice (telepon), Telkomsel memprediksi trafiknya akan tumbuh 2,76 persen dari hari biasa di tahun ini. Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, trafik layanan Voice diperkirakan akan turun 12,1 persen.

XL Axiata

Pada dua tahun terakhir, trafik data XL di momen Natal dan Tahun Baru meningkat hingga 15 persen.

Tahun ini, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 persen dibandingkan hari biasa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.