XL Sebut 2,3 GHz Tidak Umum, Setelah Gagal Dapat Frekuensi 5G

Kompas.com - 23/12/2020, 15:36 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi
|

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan tiga operator seluler sebagai pemenang lelang blok pita frekuensi radio 2,3 GHz pada rentang 2.360-2390 MHz.

Ketiga operator seluler tersebut adalah Smartfren, Telkomsel, dan Tri (3) Indonesia. Pita frekuensi tersebut nantinya bisa digunakan untuk menggelar jaringan 5G.

Operator seluler XL Axiata juga ikut serta dalam proses seleksi tersebut. Namun, XL Axiata gagal lolos dalam tahap evaluasi administrasi.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa, kegagalan XL Axiata mendapatkan frekuensi 2,3 Ghz tidak mengubah strategi XL ke depannya. Ia mengatakan sejak awal strategi XL memang berupaya untuk melakukan efisiensi spektrum yang sudah dimiliki.

"(Frekuensi) 2,3 Ghz adalah frekuensi yang memang sudah biasa dipakai 5G, walaupun tidak terlalu umum seperti yang lain. Tidak ada perubahan signifikan dari sisi strategi. Dari awal kita memastikan efisiensi spektrum dan infrastruktur yang sudah kita punya," kata I Gede dalam konferensi pers Kesiapan XL Axiata Menuju 5G, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Pengamat Sebut Frekuensi 2,3 Ghz Layak untuk 5G di Indonesia

Ia juga mengatakan bahwa agar pengalaman 5G bisa benar-benar dinikmati, dibutuhkan spektrum yang lebih lebar. Lebar pita frekuensi minimum untuk menggelar 5G adalah 40 Mhz. Jika kurang, maka pengalaman 5G tidak akan dirasakan dengan maksimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihak XL juga mengatakan akan menunggu lelang spektrum 5G selanjutnya, yaitu 700 MHz, 800 MHz, 2.6 GHz, 3.5 GHz, 28 GHz dengan total 1.280 MHz.

Kelima spektrum tersebut akan dilelang secara bertahap oleh pemerintah dalam waktu lima tahun ke depan, mulai 2021 mendatang.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Kominfo menetapkan Smartfren, Telkomsel, dan Tri Indonesia sebagai pemenang lelang frekuensi 2,3 Ghz untuk menggelar 5G.

Baca juga: Jadi Rebutan Tiga Operator Seluler, Ini Harga Frekuensi 5G yang Dilelang Kominfo

Smartfren mendapatkan bagian blok A, sedangkan Telkomsel mendapat bagian blok C, dan Hutchison Tri Indonesia mendapatkan bagian blok B. Ketiga operator seluler ini masing-masing mendapatkan alokasi sebesar 10 Mhz.

Untuk diketahui, di pita frekuensi 2,3 Ghz saat ini dihuni oleh Telkomsel dengan lebar pita 30 Mhz, Smartfren dengan lebar pita 30 Mhz, dan PT Berca Hardayaperkasa yang tersebar di beberapa zona.

Dengan demikian, Telkomsel dan Smartfren kini masing-masing memiliki lebar pita 40 Mhz, kemudian Tri Indonesia 10 Mhz, dan PT Berca Hardayaperkasa.

Baca juga: Ini Kandidat Kuat Lokasi Jaringan 5G Pertama di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.