Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telegram Kini Punya Fitur Voice Chat Serupa Discord

Kompas.com - 24/12/2020, 07:41 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan singkat Telegram kembali mendapatkan pembaruan terbaru dari pihak pengembang.

Lewat update kali ini, pengguna Telegram memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan suara (voice chat) di dalam grup. Fitur ini telah hadir di versi Instagram terbaru untuk Android dan iOS.

Berbeda dari group call, fitur voice chat pada Telegram pada dasarnya hampir serupa dengan fitur voice chat yang dimiliki Discord.

Alih-alih melakukan panggilan telepon untuk semua penghuni grup, fitur ini menyediakan ruangan virtual di dalam grup. Melalui ruangan inilah, pengguna dapat saling berkomunikasi verbal secara langsung, layaknya sedang menelepon.

Baca juga: Cara Pakai Discord di Smartphone dan PC untuk Main Game dengan Teman

Fitur voice chat pada Telegram hadir dengan menu yang interaktif. Untuk bergabung ke dalam voice chat, pengguna dapat menekan menu "Join" yang terletak di bawah nama grup.

Ketika sudah masuk ke dalam ruangan virtual, pengguna bisa melihat jumlah partisipan yang sudah bergabung dan tengah berbicara di dalam fitur ini. Selama tergabung ke dalam fitur ini, pengguna juga dapat saling mengirim pesan dan stiker di dalam grup chat.

Untuk membuat panggilan voice chat, admin grup dapat mengakses profil grup dan klik menu "tiga titik". Selanjutnya, admin bisa memilih menu "Start Voice Chat" untuk mulai membuat panggilan voice chat di dalam grup.

Khusus untuk pengguna Android, Telegram turut menyediakan fitur floating widget yang mirip dengan Discord.

Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah mengontrol seluruh kegiatan voice chat, meski sedang melakukan aktivitas lain seperti bermain game atau membuka media sosial Instagram.

Uniknya, fitur voice chat dapat digunakan oleh ribuan partisipan sekaligus. Dengan demikian, fitur ini diklaim dapat dimanfaatkan untuk menggelar acara besar seperti melakukan rapat kerja online.

Baca juga: Telegram Kini Punya Fitur Video Call di Android dan iOS

Tak hanya tersedia untuk Telegram versi mobile, fitur grup voice chat juga dapat diakses melalui Telegram versi PC.

Telegram Messengerist Telegram Messenger

Selain menghadirkan fitur grup voice chat, Telegram juga turut melakukan sejumlah pembaruan pada fitur sticker miliknya. Stiker animasi yang tersedia di Telegram akan hadir dengan ukuran yang lebih kecil, yakni kurang dari 50 KB.

Sementara itu, pengguna Android kini sudah bisa melakukan impor data Telegram ke memory card sehingga mampu menghemat penggunaan storage di ponsel mereka. Pengguna pun kedatangan 18 animasi emoji baru yang hadir pada pembaruan ini.

Khusus untuk pengguna iOS, Telegram kini sudah mulai terintegrasi dengan Siri, sehingga asisten virtual itu dapat diperintahkan untuk membacakan pesan yang masuk.

Untuk mengakses menu Settings dan pilih opsi Notifications. Selanjutnya, klik opsi Announce Messages dan atur opsi Telegram dalam keadaan On, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Telegram, Kamis (24/12/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com