Kompas.com - 24/12/2020, 08:11 WIB

KOMPAS.com - Tak akan ada lagi kamera Nikon yang dibuat di Jepang. Setelah 70 tahun, Nikon memutuskan akan menghentikan produksi bodi kamera di pabriknya di Jepang.

Selama ini, produksi bodi kamera Nikon dilakukan di dua pabrik, yakni di Sendai Nikon di Prefektur Miyagi serta Nikon Thailand (NTC) di Thailand.

Nikon memutuskan untuk menghentikan lini produksi di Jepang, dan memfokuskan produksi bodi kameranya di pabrik Thailand.

Baca juga: Nikon Keluar dari Indonesia, Alarm Kondisi Pasar Kamera Kita?

Keputusan Nikon menutup pabrik di Jepang dan hanya fokus mengandalkan pabrik di Thailand itu diambil dengan alasan untuk menekan biaya produksi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Asahi (23/12/2020).

Dengan demikian, produksi kamera mirrorless terbaru Nikon, Z7 dan Z6, serta kamera DSLR D6 juga akan ikut dipindahkan ke pabrik NTC Thailand.

Menurut informasi, produksi kamera mirrorless terbaru Nikon Z7 dan Z6, sebenarnya sudah memasuki tahap persiapan perpindahan produksi ke pabrik Thailand sejak Oktober lalu.

Sedangkan untuk kamera DSLR D6, produksinya dijadwalkan akan dipindahkan pada akhir 2021.

Sebagai informasi, di Indonesia sediri, PT. Nikon Indonesia juga telah mengumumkan penutupan operasionalnya pada 22 Oktober 2020 lalu. Kabar itu disampaikan lewat akun Instagram resmi Nikon Indonesia.

Baca juga: Nikon Indonesia Tutup, ke Mana Pengguna Bisa Servis Kamera?

"Setelah hampir 8 tahun perjalanan Nikon Indonesia, kami informasikan bahwa hari ini tanggal 21 Oktober 2020 adalah hari terakhir Imaging Division PT. Nikon Indonesia beroperasi di Indonesia," tulis Nikon Indonesia.

Dalam pengumuman yang sama, disebutkan pula bahwa seluruh kegiatan sales, marketing dan service diserahkan ke PT Alta Nikindo selaku distributor resmi di Indonesia. Tidak dijelaskan alasan penutupan operasional Nikon di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Asahi
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.