Xiaomi Resmi Masuk Klub 100 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 24/12/2020, 15:39 WIB
Ilustrasi logo Xiaomi di antara dua ponsel Redmi GizmochinaIlustrasi logo Xiaomi di antara dua ponsel Redmi

KOMPAS.com - Xiaomi, perusahaan smartphone sekaligus pembuat aksesori dan pembuat perangkat pintar akhirnya masuk "klub 100 miliar dollar". Nilai perusahaan Xiaomi, tercatat telah tembus lebih dari 100 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.420 triliun).

Nilai kapitalisasi ini diraih Xiaomi setelah saham perusahaan dengan kode 1810.HK itu sempat menguat 9,1 persen di bursa efek Hongkong pada Rabu (23/12/2020). Saham Xiaomi pada 23 Desember tersebut ditutup pada harga 31,90 dollar Hong Kong, naik sebesar 7,6 persen.

Dengan harga penutupan tersebut, nilai kapital Xiaomi mencapai 802 juta dollar Hong Kong atau sekitar 103 miliar dollar AS, seperti dilansir Bloomberg.

Dengan demikian, Xiaomi menjadi perusahaan ke-13 dalam indeks acuan Hang Seng yang memiliki kapitalisasi pasar di atas 100 juta dollar AS.

Nilai kapitalisasi tersebut disebut setara dengan nilai target Xiaomi ketika pertama kali melantai di bursa efek Hongkong pada 2018 lalu.

Dua tahun lalu, Intial Public Offering (IPO) Xiaomi dibuka dengan nilai saham 17 dollar Hong Kong (sekitar Rp 34.000 berdasarkan kurs saat itu) per lembar dan nilai valuasi keseluruhan sebesar 54,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 777 triliun berdasarkan kurs saat itu).

Baca juga: Cerita Bos Xiaomi Indonesia Alvin Tse, Ubah Cita-cita Setelah Berjumpa Steve Jobs

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pencapaian perusahaan menembus nilai kapital 100 miliar dollar ini disebut berkat kinerja positif yang ditunjukkan dalam laporan keuangan perusahaan selama ini.

Menurut laporan kuartal III-2020, performa laporan keuangan Xiaomi mencatat hasil menggembirakan, seperti total pendapatan yang tumbuh 34,5 persen year-on-year menjadi 72,2 miliar renminbi (atau setara Rp 155,9 triliun).

Di tengah kondisi pandemi, pengapalan smartphone tumbuh 45,3 persen YoY menjadi 46,6 juta unit, serta jumlah perangkat pintar lain tumbuh 35,8 persen YoY menjadi 289,5 juta unit.

Baca juga: Lewati Apple, Xiaomi Jadi Pabrikan Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia

Selain itu, awal bulan ini, Xiaomi menggeser kedudukan Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar ketiga di dunia, sebagaimana dimuat dalam laporan terbaru dari firma riset pasar, Gartner.

Vendor asal China itu mencatat angka penjualan 44,4 juta unit pada kuartal III-2020, meningkat 34,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pencapaian serupa juga ditunjukkan pada pasar Indonesia, Xiaomi naik ke peringkat ketiga, berdasarkan keterangan tertulis Xiaomi Indonesia yang diterima KompasTekno, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Kalahkan Realme, Xiaomi Rajai Pasar Smartphone Murah Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.