XL Uji Coba 5G Pakai DSS, Kecepatannya Lebih Lambat dari 4G

Kompas.com - 24/12/2020, 16:27 WIB
ilustrasi Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comilustrasi

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata kembali melakukan pengujian jaringan 5G. Pada uji jaringan kali ini, XL Axiata menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS), di mana jaringan 5G digelar menggunakan frekuensi 4G yang sudah ada.

Uji coba ini dilakukan menggunakan spektrum 1.800 mHz dan 2.100 mHz di wilayah Depok, Jawa Barat. XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson melalui fitur Ericsson Spectrum Sharing (ESS).

XL Axiata bukan operator seluler pertama di dunia yang menggunakan teknologi DSS. Di Amerika Serikat, Verizon juga mengimplementasikan teknologi DSS.

Namun dari kedua uji coba yang dilakukan oleh XL Axiata dan Verizon, didapat kesimpulan bahwa teknologi DSS tak lantas membuat kecepatan internet 5G menjadi lebih kencang dari 4G. Justru malah sebaliknya.

Baca juga: XL Uji Coba Jaringan 5G di Frekuensi 4G

Verizon mengenalkan teknologi DSS di jaringannya pada Oktober lalu. Dengan sistem DSS, ponsel akan otomatis mendeteksi sinyal 5G dibanding 4G. Sehingga akan muncul ikon 5G di sebelah bar sinyal ponsel pengguna.

Namun dari pengujian yang dilakukan PC Mag, ikon 5G itu seakan tiada guna. Sebab, kecepatan 5G justru lebih lelet dibanding 4G. Seperti uji coba yang mereka lakukan di New York menggunakan iPhone 12 Pro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Didapatkan kecepatan 5G Verizon adalah 55,89 Mbps, sementara LTE bisa mencapai 72,23 Mbps.  Verizon mengakui performa 5G dengan sistem DSS hampir setara - atau bahkan lebih lamban- dari 4G.

Hasil uji coba jaringan 5G Verizon yang digelar menggunakan sistem DSSPC Mag Hasil uji coba jaringan 5G Verizon yang digelar menggunakan sistem DSS

"Ini adalah teknologi baru dan kami akan terus memodifikasinya," jelas Verizon.

DSS seharusnya memiliki latensi yang lebih rendah, tapi dari hasil uji coba justru memiliki latensi yang lebih tinggi sepersekian detik dibanding uji coba LTE.

Kemungkinan karena adanya semacam "negosiasi" di jaringan inti Verizon untuk mengelola DSS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.