Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, TikTok Rewind Indonesia 2020, Berdurasi 10 Menit di YouTube

Kompas.com - 25/12/2020, 21:44 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Sejumlah TikTokers Indonesia berinisiatif membuat kompilasi video dari berbagai tren TikTok Indonesia sepanjang tahun ini, dalam video berjudul TikTok Rewind Indonesia 2020 - A New Destiny.

Layaknya YouTube Rewind, TikTok Rewind Indonesia 2020 juga bertujuan untuk mengenang tren-tren yang terjadi sepanjang tahun 2020 di TikTok Indonesia.

Sebanyak 200 orang TikTokers Indonesia diketahui ikut berpartisipasi dalam video berdurasi 10 menit tujuh detik ini.

"Tim produksi dan para Tiktokers tidak dibayar maupun dipaksa oleh pihak TikTok dalam membuat project ini," tulis keterangan video yang diunggah oleh akun @IndonesianTikTokers pada Kamis (24/12/2020).

Video yang baru tayang 24 Desember tersebut telah ditonton lebih dari 230.000 kali, seperti dipantau KompasTekno, Jumat (25/12/2020) malam.

Isinya menyuguhkan berbagai macam gerakan hingga challenge TikTok yang viral di Indonesia, lengkap dengan musik latar belakangnya. Misalnya, tren Pass The Brush Challenge yang sempat viral pada April lalu.

Tren ini banyak diikuti oleh TikTokers Indonesia, mulai dari orang biasa, beauty enthusiast, hingga publik figur. Video ini harus dilakukan oleh beberapa orang sekaligus dengan latar musik berjudul Boss Bitch milik Doja Cat.

Sesuai dengan namanya, TikTokers ditantang untuk membuat video menggunakan brush (kuas makeup) yang dilempar sebagai transisi untuk video orang selanjutnya.

Dalam tantangan ini, sebelum melempar brush, TikTokers harus melakukan transformasi penampilan sebelum dan sesudah menggunakan makeup.

Tak jarang, TikTokers juga bertransformasi dengan pakaian rapi lengkap dengan berbagai aksesori untuk tampil lebih menawan.

Sampai saat ini, tantangan ini sudah mencapai 108 miliar penayangan secara global.

Lalu, ada juga tren Private School Check. Video yang diawali dengan musik latar belakang "Aye Yo, Private School Check" ini, TikTokers bisa memamerkan apapun yang ada di dalam sekolahnya tersebut, mulai dari fasilitas, kegiatan, hal-hal unik, hingga sepatu yang digunakan ke sekolah.

Ilustrasi tiktok
TechSpot Ilustrasi tiktok
Misalnya, di dalam video ada yang menyebutkan sekolahnya memiliki empat lapangan, memiliki lobby layaknya mal, selalu naik lift, harus membawa botol minum sendiri, bahkan memamerkan kotak pensil merek kenamaan Perancis, Louis Vuitton.

Sampai saat ini, secara global, tagar #PrivateSchoolCheck sudah mencapai 341,8 miliar penayangan.

Baca juga: Inilah 10 Video TikTok Paling Viral Sepanjang 2020

Pada Juli 2020, TikTok Indonesia juga viral Salam Taraktakdung 2020 yang dibuat oleh seoarang siswi baru SMA di akun TikTok @fungsibulann.

Halaman:
Sumber YouTube


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com