Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Pastikan Mi 11 Hadir Tanpa Charger seperti iPhone 12

Kompas.com - 28/12/2020, 07:08 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi nampaknya bakal mengikuti jejak Apple dengan tidak menyertakan charger di kotak penjualan ponsel flagship Mi series berikutnya, yakni Mi 11.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun melalui media sosial Weibo.

Lei Jun mengatakan bahwa Xiaomi sengaja menghilangkan aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Alasan yang sama dikemukan Apple saat mengumumkan menghapus perangkat charger dari kotak penjualan.

"Sebagai tanggapan atas seruan kepedulian lingkungan, Xiaomi 11 menghilangkan charger yang disertakan," tulis Jun di akun media sosial Weibo miliknya, pada Sabtu (26/12/2020).

Jun juga berjanji bakal menjelaskan informasi lebih detail dalam acara peluncuran Mi 11, yang bakal digelar pada 28 Desember mendatang.

Selain menyampaikan informasi tersebut, Jun turut mengunggah video dari boks penjualan Mi 11. Terlihat bahwa kotak kemasan pembelian Mi 11 memiliki ukuran yang lebih ringkas dan tipis.

Gambar kotak penjualan Mi 11Xiaomi Gambar kotak penjualan Mi 11

Pada bagian depan kotak kemasan, terpampang informasi singkat berupa konfigurasi kamera beresolusi 108 MP, layar Super AMOLED beresolusi HD 10 Plus, dan audio berkualitas dari Harman Kardon, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Bocoran Harga Xiaomi Mi 11, Tembus Rp 10 Juta?

Keputusan yang diambil Xiaomi ironis karena sebelumnya mereka sempat mengejek Apple karena menghilangkan charger di dalam kotak pembelian iPhone 12.

Sesaat setelah peluncuran iPhone 12, Xiaomi memposting twit berisi sindiran beserta video pendek yang memperlihatkan charger di dalam kotak kemasan Mi 10T Pro.

"Jangan khawatir, kami tidak menghilangkan apapun dari kotak kemasan #Mi10TPro," tulis Xiaomi.

Meski tidak disertai dengan charger, namun agaknya Xiaomi juga tidak berniat untuk mengurangi tarif harga dari ponsel sendiri. Selain itu, pengguna seakan "dipaksa" untuk membeli kepala charger secara terpisah.

Baca juga: Selain iPhone 12, Tiga iPhone Ini Dijual Tanpa Charger dan Earphone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com