Xiaomi MIUI 12.5 Resmi Meluncur, Punya Fitur Mirip iOS

Kompas.com - 29/12/2020, 12:37 WIB
Xiaomi resmikan software antarmuka MIUI 12.5. XiaomiXiaomi resmikan software antarmuka MIUI 12.5.

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran ponsel Mi 11, Xiaomi turut merilis sistem antarmuka (UI) terbarunya, yaitu MIUI 12.5. Software antarmuka ini merupakan versi baru dari MIUI 12, yang telah dirilis Xiaomi pada Mei 2020 lalu.

Sebagai penerus, MIUI 12.5 hadir dengan sejumlah fitur baru dan fokus memberikan performa maupun kinerja yang kini diklaim lebih cepat.

Tampilan dan desain MIUI 12.5 juga dirombak, Xiaomi memberikan efek transisi yang mirip seperti sistem operasi iPhone, iOS.

Baca juga: Ini Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12 Mulai Bulan Depan

Bloatware (aplikasi bawaan) pada MIUI 12.5 juga diklaim lebih sedikit dibanding sistem antarmuka lainnya. Dalam presentasi, Xiaomi menampilkan hanya 9 aplikasi bawaan di MIUI 12.5, dibandingkan iOS 14.2.1 dengan 11 aplikasi bawaan.

Aplikasi bawaan (bloatware) MIUI 12.5 dibandingkan OS lain.Xiaomi Aplikasi bawaan (bloatware) MIUI 12.5 dibandingkan OS lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, software  antarmuka ini juga diklaim memiliki konsumsi daya yang 25 persen lebih rendah, dan penggunaan memori yang diklaim lebih irit hingga 20 persen. Penggunaan memori background juga diklaim berkurang 35 persen.

Soal keamanan, MIUI 12.5 membawa mekanisme baru untuk meningkatkan privasi pengguna, seperti kontrol lebih banyak terhadap akses aplikasi untuk melindungi privasinya.

Lantas, apa saja fitur-fitur baru MIUI 12.5? Berikut ini adalah daftar fitur serta kemampuan baru MIUI 12.5.

1. Motion Effect

Motion Effect pada MIUI 12.5 memiliki gerakan yang diklaim berada di level paling tinggi. Menurut Xiaomi, Motion Effect ini memiliki kinerja rendering yang 20 kali lebih kuat dibandingkan MIUI lainnya.

2. Transisi ponsel ke laptop

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X