Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Instagram Best Nine 2020 dari Laptop, Jangan Lupa Hapus E-mail Setelahnya

Kompas.com - 31/12/2020, 10:02 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap akhir tahun, para pengguna Instagram kerap memamerkan sembilan foto dengan jumlah like terbanyak yang dibuat menjadi kolase dalam satu gambar.

Kolase tersebut kerap dilabeli dengan tagar #bestnine atau #topnine yang menandakan sebagai sembilan foto terbaik milik pengguna.

Postingan top nine 2020 tersebut kini sudah bisa dibuat oleh pengguna Instagram. Untuk membuat postingan top nine Instagram ini, pengguna tentu saja membutuhkan aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat rangkuman foto tersebut adalah Topnine. KompasTekno pun turut mencoba membuat kolase foto #2020BestNine menggunakan Creatorkit Topnine.

Ada dua cara, web dan aplikasi, yang bisa dilakukan untuk membuat kolase foto best nine 2020 Instagram, dengan layanan Creatorkit Top Nine.

Bisa juga menggunakan aplikasi Android yang bisa diunduh di sini dan aplikasi untuk iOS yang bisa diunduh di sini.

Kali ini, KompasTekno akan fokus memberikan tutorial pembuatan Top Nine 2020 di laptop atau komputer, sebagai berikut:

Kunjungi halaman topnine, https://creatorkit.com/top-nine-best-of-2020/, melalui browser di komputer atau laptop.

Ketika masuk ke dalam situs Top Nine Best of 2020 melalui browser, pengguna cukup memasukkan username (ID) Instagram dan menekan tombol "Instagram username".

Pada halaman berikutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail pengguna yang aktif. Setelah itu cukup klik tombol "Get Top Nine".

Tak butuh waktu lama, situs pun akan menampilkan Best Nine Instagram 2020 milik Anda yang berisi sembilan foto dengan jumlah "like" terbanyak.

Kolase disusun berdasarkan popularitasnya. Dari pojok kiri atas ditempelkan foto dengan like terbanyak, hingga di ujung kanan bawah yang paling sedikit di antara sembilan foto.

Tercantum pula beberapa informasi tambahan terkait kolase tersebut, seperti jumlah "like" pada sembilan foto tersebut, serta jumlah rata-rata "like" per foto.

Pengguna dapat menyimpan foto hasil kolase tersebut di galeri ponsel dengan menekan tombol "Save & Share".

Selanjutnya simpan gambarnya, filenya bisa dikirim ke ponsel atau langsung di-upload dari laptop dengan terlebih dahulu login akun Instagram di browser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com