Kompas.com - 31/12/2020, 15:33 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat perayaan malam tahun baru pada 2020 ini menjadi berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, momentum malam tahun baru yang identik dirayakan bersama sanak keluarga dan kerabat harus dilakukan secara online guna menghindari penyebaran Covid-19 agar tak semakin meluas.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Zoom Bisa Dipakai Lebih dari 40 Menit dan Gratis

Untuk tetap terhubung satu sama lain, kini beragam aplikasi teleconference bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan tatap muka secara virtual saat malam tahun baru. Layanan konferensi yang bisa digunakan, mulai dari Zoom Meeting sampai Google Meet.

Baca juga: 5 Aplikasi Video Call Rame-rame untuk Perayaan Malam Tahun Baru

Lewat aplikasi tersebut, kamu dapat melakukan video call dengan keluarga atau orang terdekat untuk melepas rindu atau berbincang seputar banyak hal.

Agar bisa dilihat seluruh anggota keluarga dengan jelas, tentu dibutuhkan layar yang lebih lebar. Solusinya video call Zoom dkk ditampilkan ke televisi.

Berikut tiga cara menghubungkan smartphone atau laptop ke televisi untuk melakukan video call rame-rame, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber, Kamis (31/12/2020).

1. Google Chromecast

Apabila tidak ingin berurusan dengan kabel, kamu bisa menggunakan Google Chromecast. Google Chromecast memang lebih mahal ketimbang kabel HDMI, tetapi perangkat ini akan memudahkan untuk melakukan streaming ke televisi.

Apabila sudah memiliki Chromecast, kamu bisa memasang Chromecast ke port HDMI di televisi. Kemudian unduh aplikasi Google Home di ponsel, dan pilih opsi Start.

Kamu kemudian akan diminta untuk mengonfirmasi akun Google mana yang ingin kamu gunakan untuk Chromecast. Kemudian izinkan perangkat Android kamu untuk menggunakan layanan lokasi dan akses agar bisa menemukan Chromecast kamu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.