Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramalan Steve Jobs Tahun 2010 Hari Ini Terbukti

Kompas.com - 01/01/2021, 11:10 WIB
Reza Wahyudi

Editor

KOMPAS.com - 1 Januari 2021, ramalan mendiang Steve Jobs menjadi kenyataan. Pendiri Apple ini pernah menyebut teknologi Adobe Flash bakal tidak relevan. Hari ini, prediksi tersebut terbukti.

Adobe resmi mengumumkan bahwa perusahaan bakal memblokir seluruh konten yang berjalan menggunakan Flash Player mulai 1 Januari 2021. Adobe juga menghimbau seluruh pengguna untuk menghapus Flash Player dari perangkat.

Flash Player adalah software (plug-in) yang dahulu biasa digunakan untuk menjalankan aneka animasi interaktif internet.

Desakan agar Adobe "mematikan" teknologi Flash sebenarnya sudah menguat sejak tahun 2015. Adalah Facebook dan Mozilla yang mulai memboikot teknologi Flash dari layanannya saat itu.

Namun, jauh sebelum desakan ini muncul kembali, Steve Jobs saat menjabat sebagai CEO Apple pada 2010 sebenarnya sudah menulis surat protes agar Adobe mulai mengembangkan teknologi selain Flash.

Visi Jobs saat itu jelas, teknologi Flash diciptakan untuk era PC dan mouse, sementara tren teknologi masa depan diramalkan oleh Jobs menuju ke arah mobile.

"Pada era mobile, semuanya adalah tentang perangkat berdaya rendah, antarmuka sentuh, dan standar web terbuka, area di mana Flash tertinggal," demikian tulis Jobs yang hingga kini juga bisa dibaca di situs web Apple.

Baca juga: Farmville Ditutup Selamanya, Terimbas Ramalan Jitu Steve Jobs

Standar terbuka baru yang diciptakan pada era mobile, seperti HTML5, diprediksi Jobs akan lebih unggul pada era mobile.

"Adobe harus mulai fokus membuat tools HTML5 yang bagus pada masa depan, bukan malah mengkritik Apple karena meninggalkan Flash," kata Jobs, seperti dikutip KompasTekno, Jumat (1/1/2021).

Jobs memiliki alasan tersendiri mengapa Apple memilih untuk tidak menggunakan teknologi buatan Adobe itu ke dalam perangkat dan layanannya.

Menurut Jobs, Flash memiliki andil dalam memengaruhi performa, umur baterai, dan masalah keamanan dalam perangkat-perangkat Apple. Hal ini sempat menimbulkan ketegangan antara Apple dan Adobe pada 2010.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com