Apple Gagal Tuntut Pembuat "iPhone Kloningan"

Kompas.com - 01/01/2021, 17:16 WIB
Logo Apple GizmochinaLogo Apple

KOMPAS.com - Corellium, perusahaan keamanan siber yang menciptakan iPhone virtual, memenangkan gugatan atas pelanggaran hak cipta yang dituduhkan oleh Apple.

Hakim dalam kasus tersebut memutuskan bahwa kreasi iPhone virtual besutan Corellium ini bukanlah pelanggaran hak cipta karena tergugat tidak menciptakan produk pesaing untuk konsumen Apple.

Sebaliknya, iPhone kloningan Corellium ini justru dirancang untuk membantu meningkatkan keamanan bagi semua pengguna iPhone, serta menjadi alat penelitian untuk sejumlah kecil pelanggan.

Putusan ini dikeluarkan oleh hakim federal Rodney Smith di Florida, AS, baru-baru ini atas gugatan yang diajukan oleh Apple terhadap Corellium pada Agustus 2019 lalu.

Apple diketahui mengajukan dua gugatan terhadap Corellium. Pertama ialah soal pelanggaran hak cipta karena Corellium menciptakan iPhone virtual. Gugatan ini telah ditolak oleh pengadilan.

Kedua, Apple juga menggugat Corellium melanggar Digital Millennium Copyright Act (DMCA) karena menghindari langkah-langkah keamanan Apple untuk membuat kloning iPhone  tersebut. Untuk gugatan ini, hakim federal belum memberikan keputusannya.

iPhone virtual buatan Corellium ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi bawaan iPhone, iOS, secara virtual di browser, tanpa perlu menggunakan ponsel fisiknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, para peneliti keamanan dapat menjalankan simulasi iPhone dan mencari kemungkinan adanya bug dan celah keamanan pada produk Apple tersebut.

Operasi perangkat virtual ini juga dapat dijeda, sehingga peneliti dapat melihat bug atau celah keamanan yang muncul secara mendetail terkait status atau letak tepatnya pada saat tertentu, sebagaimana dihimpun dari TechCrunch.

Baca juga: Apple Bayar Rp 1,6 Triliun Setelah Sengaja Bikin iPhone Lemot

Pihak Apple sendiri belum memberi tanggapan terkait putusan pengadilan terhadap salah satu gugatannya kepada Corellium ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Washington Post, Jumat (1/11/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.