Farmville Ditutup Selamanya, Terimbas Ramalan Jitu Steve Jobs

Kompas.com - 03/01/2021, 09:48 WIB
FarmVille Game SpotFarmVille

KOMPAS.com - Prediksi pendiri Apple Steve Jobs yang kini terbukti ternyata berimbas pada game FarmVille. Game ini sempat sangat populer dan pernah menjadi salah satu game yang sangat membuat kecanduan.

Setelah menemani pemain selama 11 tahun terakhir, FarmVille menghentikan layanan game simulasi peternakan, yang sempat banyak digemari di Facebook ini, pada 31 Desember 2020.

Ramalan jitu mendiang pendiri Apple adalah soal "kematian" Adobe Flash Player. Perangkat lunak yang dirilis pada 1996 ini resmi dipensiunkan oleh Adobe pada 1 Januari 2021.

Adalah Steve Jobs yang pertama kali mengatakan Adobe Flash bakal tidak relevan. Steve Jobs saat menjabat sebagai CEO Apple pada 2010 menulis surat protes agar Adobe mulai mengembangkan teknologi selain Flash.

Baca juga: Adobe Flash Ada di 98 Persen PC Sedunia pada 2005, Kini Wajib Dihapus

Visi Jobs saat itu jelas, teknologi Flash diciptakan untuk era PC dan mouse, sementara tren teknologi masa depan diramalkan oleh Jobs menuju ke arah mobile.  Selain itu, menurut Jobs, Flash memiliki andil buruk dalam memengaruhi performa, umur baterai, dan memiliki masalah keamanan.

Kemudian, popularitas Flash pun makin menurun sejak Apple, YouTube, hingga browser Google menghentikan dukungan pada Adobe Flash. (Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 1990 Hari Ini Terbukti)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa hubungannya dengan game FarmVille? Otak utama dari game tersebut ternyata adalah Adobe Flash Player.

Zynga selaku pengembang FarmVille menyatakan bahwa keputusan ditutupnya game tersebut dilatarbelakangi penghentian dukungan Flash oleh Adobe dan Facebook.

"Oleh sebab itu, seluruh game berbasis Flash (termasuk FarmVille) tidak lagi dapat dimainkan setelah akhir tahun 2020," tulis pihak Zynga, , seperti dikutip KompasTekno dari blog Adobe, Minggu (3/1/2021).

FarmVille merupakan game simulasi peternakan besutan Zynga yang meluncur pada 19 Juni 2009. FarmVille menyajikan gameplay yang sederhana, di mana para pemain dapat bercocok tanam dan menggembala hewan ternak.

Sejak awal, FarmVille langsung diminati pengguna. Game ini langsung memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif sejak dua bulan setelah diluncurkan.

Pada puncak popularitasnya, tak kurang dari 30 juta orang memainkan FarmVille setiap harinya. Zynga kemudian melahirkan beberapa sekuel game yang serupa, seperti Farmville 2: Tropic Escape dan Farmville 2: Country Escape, serta FarmVille 3 yang akan hadir di platform mobile.

Baca juga: Wabah Virus dan 15 Ramalan Bill Gates yang Menjadi Kenyataan



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X