10 Video yang Paling Banyak Dapat "Dislike" di YouTube

Kompas.com - 03/01/2021, 18:31 WIB
YouTube Rewind 2018 YouTubeYouTube Rewind 2018

KOMPAS.com - Tujuan YouTuber atau pengguna yang mengunggah video ke YouTube adalah mendapat jumlah view dan like sebanyak mungkin. Segala ide dan kreativitas mereka curahkan untuk mendapatkannya.

Namun, tak sedikit justru hal sebaliknya yang didapat. Jumlah view yang sedikit mungkin hal biasa. Namun, Jika video justru kebanjiran dislike yang bersimbol "jempol ke bawah" bisa jadi bikin YouTuber bertanya-tanya atau bersedih hati.

Baru-baru ini, Digitaltrends melaporkan daftar sepuluh video yang paling banyak tidak disukai di YouTube hingga tahun 2020.

Yang menarik dari daftar tersebut ialah empat dari sepuluh video yang masuk dalam daftar ini merupakan lagu anak-anak yang populer.

Dua lainnya merupakan video buatan YouTube itu sendiri. Lalu, ada juga YouTuber yang sengaja mengumpulkan banyak dislike.

Baca juga: Ini Daftar 10 YouTuber Terkaya 2020 Versi Forbes

Berikut daftar lengkapnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Minggu (3/11/2021).

1. YouTube Rewind 2018 — YouTube

Video yang paling banyak menuai dislike justru datang dari platform YouTube itu sendiri.

YouTube Rewind 2018 didaulat sebagai pencatat rekor dislike terbanyak sepanjang sejarah YouTube. Bagaimana tidak, video besutan YouTube yang diunggah dua tahun lalu kini sudah mengumpulkan lebih dari 18,6 juta jempol ke bawah.

Menurut pantauan KompasTekno, YouTube Rewind 2018 yang mengangkat judul Everyone Controls Rewind itu telah ditonton lebih dari 210,6 juta kali dengan jumlah like yang hanya 2,9 juta.

Untuk diketahui, YouTube Rewind 2018 memang mengusung konsep agak berbeda dibanding video YouTube Rewind tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak alasan mengapa banyak penonton tidak menyukai YouTube Rewind.

Sebagian besar penonton konon merasa bahwa video berdurasi sekitar delapan menit 13 detik itu tidak mewakili pandangan YouTuber dan penonton terhadap tren YouTube di tahun 2018. Ada juga yang mengeluhkan banyaknya YouTuber populer yang malah absen di YouTube Rewind 2018.

Baca juga: YouTube Rewind Indonesia 2020, Penuh Makna dan Rangkum Segala Trending

Selain itu muncul juga anggapan bahwa video rangkuman ini hanya memajang para kreator yang "ramah iklan" dan sengaja tak menampilkan kreator yang terlibat kontroversi, seperti Logan Paul dan PewDiePie.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X