Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Tanggal Peluncuran Galaxy S21

Kompas.com - 04/01/2021, 09:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Lama dinanti, Samsung akhirnya resmi mengumumkan jadwal acara bertajuk "Galaxy Unpacked" untuk peluncuran calon smartphone flagship terbarunya tahun ini.

Di acara Galaxy Unpacked yang digelar di awal tahun, Samsung biasanya memang memperkenalkan ponsel Galaxy S. Dalam event kali ini, kemungkinan besar panggungnya disiapkan untuk Galaxy S21.

Jadwal Galaxy Unpacked 2021 disampaikan oleh Samsung lewat akun Instagram resminya hari ini, Senin (4/1/2021). Acara itu akan disiarkan secara langsung lewat situs Samsung.com pada 14 Januari 2021 pukul 22.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Samsung Mobile (@samsungmobile)


"Pengalaman Anda akan menjadi lebih epic," tulis Samsung dalam keterangan posting yang turut disertai oleh video pendek itu, tanpa menyebutkan perangkat apa saja yang akan diperkenalkan.

Sebelum Samsung Mobile mengumumkan acara Galaxy Unpacked secara resmi, Samsung Mobile di India telah lebih dahulu mengonfirmasi peluncuran ponsel andalan pabrikan asal Korea Selatan ini pada Desember 2020 lalu.

Kantor Samsung di India juga telah mengonfirmasi kepada situs SamMobile bahwa Galaxy S21 akan meluncur pada tanggal tersebut. Samsung Experience Store di India bahkan sudah membuka keran blind pre-order untuk Galaxy S21.

Baca juga: Lolos TKDN, Samsung Galaxy S21 Segera Masuk Indonesia?

Sementara itu, di Indonesia, seri ponsel Galaxy S21 telah diketahui lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Indikasinya adalah sertifikat bernomor 1985/SJ IND.8/ TKDN/12/2020, tanggal 16 Desember 2020, di situs P3DN Kementerian Perindustrian.

Sertifikat itu memuat kode nama tiga perangkat, yakni SM-G991B, SM-G996B, dan SM-G998B yang masing-masing memenuhi persyaratan TKDN dengan tingkat kandungan 32,7 persen.

Informasi yang beredar di internet menyebutkan bahwa SM-G991B adalah kode nama untuk Galaxy S21 versi standar, lalu SM-G996B merupakan Galaxy S21 Plus, sedangkan SM-G998B mengacu pada Galaxy S21 Ultra.

Dengan demikian, lini Galaxy S21 kemungkinan akan segera dijual di Indonesia tak lama setelah perkenalannya pada 14 Januari mendatang.

Punya stylus, tapi tanpa charger dan microSD?

Walaupun tanggal peluncuran baru dikonfirmasi secara resmi hari ini, bocoran soal spesifikasi Galaxy S21 sudah banyak bermunculan sejak akhir tahun lalu.

Seperti seri Galaxy S sebelum-sebelumnya, Galaxy S21 Ultra diduga akan ditenagai dua chip berbeda tergantung wilayah penjualan, yakni Qualcomm Snapdragon 888 atau Samsung Exynos 2100.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Ultra Dipastikan Punya Stylus S Pen

Dari gambar rekaan yang muncul, Galaxy S21 Ultra kemungkinan akan memiliki modul kamera berukuran besar di punggungnya. Modul tersebut disinyalir memuat empat buah kamera, bersama dengan LED flash.

Keempat kamera tersebut konon terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera wide 16 MP, serta dua kamera 10 MP yang belum diketahui fungsinya. Kemungkinan, salah satu dari dua kamera 10 MP tersebut merupakan kamera telefoto.

Galaxy S21 Ultra agaknya juga akan masih mengusung layar berdesain Infinity-O, dengan panel display AMOLED berdiagonal 6,9 inci yang memiliki lubang punch hole di bagian atasnya untuk memuat kamera depan.

Bocoran lainnya juga menyebutkan bahwa seri smartphone tersebut akan dibekali dengan stylus S Pen seperti yang biasa hadir di seri Galaxy Note.

Baca juga: Galaxy S21 Dikabarkan Tak Punya Slot Kartu Memori MicroSD

Roland Quandt, seorang pembocor yang kerap membeberkan informasi akurat soal calon gadget baru, belakangan memberi informasi lain bahwa Samsung akan menghilangkan slot microSD pada lini Galaxy S21.

Tak cuma itu, Roland juga berspekulasi bahwa Galaxy S21 kemungkinan akan dijual tanpa unit charger dalam kemasan ritelnya di beberapa wilayah pasar.

"Lembar spesifikasi (Galaxy) S21 mengatakan tak ada memory card reader," ujar Quandt dalam sebuah kicauan yang diunggah di akun Twitter miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com