Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Skill Paling Banyak Dicari di Dunia Teknologi Saat Ini

Kompas.com - 04/01/2021, 10:11 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Bermunculan perusahaan rintisan digital atau startup membuka banyak peluang pekerjaan di dunia teknologi. Startup baru apalagi yang sudah besar sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang teknologi.

Selain startup digital, perusahaan konvensional pun saat ini berlomba-lomba mencari sumber daya manusia yang cakap teknologi demi mengoptimalkan operasional perusahaan.

Baru-baru ini penyedia layanan analisis pasar kerja, Burning Glass Technologies, mempublikasi hasil studi terkait keterampilan yang paling banyak dicari di dunia teknologi informasi (TI) saat ini.

Sebagian jenis pekerjaan yang ada di daftar tersebut bisa bilang dibilang jenis pekerjaan yang baru muncul lima tahun terakhir.

Ada sepuluh skill yang masuk ke dalam kategori disruptor, alias keterampilan yang paling banyak di cari saat ini serta diprediksi memiliki prospek yang bagus lima tahun mendatang.

Pekerjaan tersebut di antaranya adalah keterampilan yang melibatkan DevOps dan kecerdasan buatan (artificial intelligence alias AI).

"Bidang keterampilan ini tersebar di banyak pekerjaan dan industri yang berbeda, salah satu yang paling banyak ialah di perusahaan rintisan (startup)," tulis laporan Burning Glass, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Senin (4/1/2021).

Selain paling banyak dicari, pekerjaan yang masuk dalam daftar ini juga memiliki prospek gaji yang besar.

Misalnya dalam studi disebutkan, perusahaan rela menawarkan gaji tambahan hampir 25.000 dollar AS per tahun (sekitar Rp 352 juta) untuk para profesional yang mampu merancang otomatisasi operasional menggunakan teknologi.

Ada juga, perusahaan yang siap memberi tambahan 14.000 dollar AS (sekitar Rp 197 juta) setahun bagi mereka yang memiliki kemampuan di bidang AI dan Machine Learning.

Berikut daftar 10 skill di dunia TI yang paling banyak dicari versi Burning Glass.

1. Quantum computing yakni keterampilan yang berkaitan dengan membangun dan memanfaatkan komputer kuantum dan aplikasinya.

2. Connected technologies, keterampilan yang berkaitan dengan dengan Internet of Things (IoT) dan alat fisik yang terhubung, serta infrastruktur telekomunikasi yang diperlukan untuk mengaktifkannya, seperti 5G.

3. Fintech, keterampilan yang berkaitan dengan teknologi blockchain dan lainnya yang bertujuan untuk membuat transaksi keuangan lebih efisien dan aman.

4. AI dan Machine Learning, keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan dan pemanfaatan program, alat, dan solusi, yang didukung oleh algoritma dan teknologi lain yang secara otomatis merespons dan meningkat berdasarkan pengalaman atau data sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com