10 Skill Paling Banyak Dicari di Dunia Teknologi Saat Ini

Kompas.com - 04/01/2021, 10:11 WIB
Ilustrasi teknologi. shutterstock.com/sdecoretIlustrasi teknologi.

KOMPAS.com - Bermunculan perusahaan rintisan digital atau startup membuka banyak peluang pekerjaan di dunia teknologi. Startup baru apalagi yang sudah besar sangat membutuhkan tenaga-tenaga ahli di bidang teknologi.

Selain startup digital, perusahaan konvensional pun saat ini berlomba-lomba mencari sumber daya manusia yang cakap teknologi demi mengoptimalkan operasional perusahaan.

Baru-baru ini penyedia layanan analisis pasar kerja, Burning Glass Technologies, mempublikasi hasil studi terkait keterampilan yang paling banyak dicari di dunia teknologi informasi (TI) saat ini.

Sebagian jenis pekerjaan yang ada di daftar tersebut bisa bilang dibilang jenis pekerjaan yang baru muncul lima tahun terakhir.

Ada sepuluh skill yang masuk ke dalam kategori disruptor, alias keterampilan yang paling banyak di cari saat ini serta diprediksi memiliki prospek yang bagus lima tahun mendatang.

Pekerjaan tersebut di antaranya adalah keterampilan yang melibatkan DevOps dan kecerdasan buatan (artificial intelligence alias AI).

"Bidang keterampilan ini tersebar di banyak pekerjaan dan industri yang berbeda, salah satu yang paling banyak ialah di perusahaan rintisan (startup)," tulis laporan Burning Glass, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Senin (4/1/2021).

Selain paling banyak dicari, pekerjaan yang masuk dalam daftar ini juga memiliki prospek gaji yang besar.

Misalnya dalam studi disebutkan, perusahaan rela menawarkan gaji tambahan hampir 25.000 dollar AS per tahun (sekitar Rp 352 juta) untuk para profesional yang mampu merancang otomatisasi operasional menggunakan teknologi.

Ada juga, perusahaan yang siap memberi tambahan 14.000 dollar AS (sekitar Rp 197 juta) setahun bagi mereka yang memiliki kemampuan di bidang AI dan Machine Learning.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X