Kompas.com - 04/01/2021, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Malam tahun baru 2021 terasa berbeda dengan malam tahun baru sebelum-sebelumnya. Karena pandemi Covid-19 yang merebak di dunia, orang-orang
lebih banyak menghabiskan malam tahun baru di rumah ketimbang berkerumun di luar.

Keluarga, sahabat, atau orang terkasih dihubungi lewat jalur digital. Banyaknya pengguna internet yang melakukan panggilan suara dan video pun membuat layanan Facebook, Instagram, dan Messenger mencetak rekor trafik saat pergantian tahun.

Baca juga: 5 Fitur Baru WhatsApp yang Dirilis pada 2020 dan Cara Menggunakannya

"Malam tahun baru secara historis adalah malam yang sibuk untuk layanan kami, tetapi tahun ini mencetak rekor baru," tulis Facebook dalam blog miliknya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (04/01/2021).

Facebook mengumumkan bahwa WhatsApp kebanjiran 1,4 panggilan suara dan video saat tahun baru secara global, terbanyak yang pernah dicatat dalam satu hari. Angka tersebut juga meningkat 50 persen dibandingkan tahun baru sebelumnya.

Messenger, khususnya fitur group video call dengan lebih dari 3 orang di Amerika Serikat, mencetak rekor serupa. Trafik group video call melonjak hingga 2 kali lebih tinggi dibanding hari biasa.

Di momen yang sama, Facebook dan Instagram turut mencatat lebih dari 55 juta live broadcast secara gabungan di seluruh dunia.

Baca juga: Bisakah Melihat Siapa Saja yang Mengintip Profil Instagram Kita?

Menurut Technical Program Manager Facebook Caitlin Banford, sebelum pandemi Covid-19, lonjakan trafik di Facebook kebanyakan berasal dari kiriman pesan, unggahan foto, dan social sharing di malam pergantian tahun.

Keadaan berubah drastis pada Maret 2020. Ketika itu pandemi mulai melanda dunia sehingga ikut mendongkrak trafik layanan-layanan Facebook.

"Perayaan tahun baru kali ini sangat berbeda. Kami menyiapkan tim teknisi di aplikasi-aplikasi Facebook untuk mengantisipasi permasalahan sehingga dunia bisa merayakan 2021," ujar Banford.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Facebook
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.