Begini Kabar Terbaru Jack Ma yang Diduga Menghilang

Kompas.com - 06/01/2021, 08:03 WIB
Foto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis. AP PHOTO/THIBAULT CAMUSFoto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma, menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Setelah dua bulan tidak muncul di hadapan publik, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa pendiri Alibaba, Jack Ma, telah "hilang". Kabar menghilangnya miliarder asal China itu berembus setelah ia melontarkan kritikan pedas pada Pemerintah China.

Namun, dugaan tersebut belakangan ditepis oleh jurnalis CNBC David Faber. Menurut Faber yang mendapat informasi dari sumber anonim, sebagaimana dhimpun KompasTekno, Rabu (6/1/2021), Ma bukannya menghilang, melainkan sedang sengaja menghindari sorotan publik.

"Dia tidak ditangkap. Ini bukan situasi seperti Chairman Wu," kata Faber dalam acara CNBC Tuesday, mengacu pada bos Anbang Insurance yang divonis 18 tahun penjara pada tahun 2018.

Baca juga: Bos Alibaba Jack Ma Hilang Setelah Mengkritik Pemerintah China

Lalu, di manakah Jack Ma sekarang? Faber mengatakan bahwa bos Alibaba itu kemungkinan besar berada di Kota Hangzhou, lokasi markas perusahaan tersebut.

Ma santer diberitakan hilang karena sudah dua bulan tidak terlihat di muka publik. Dia dilaporkan terakhir kali muncul pada akhir Oktober lalu.

Kicauan terakhirnya di Twitter pun diunggah pada bulan yang sama. Padahal, ia dikenal sebagai sosok yang rutin membagikan beberapa twit dalam satu hari.

Hilangnya Ma menjadi makin mencolok setelah tak menghadiri final acara Africa's Business Heroes, sebuah reality show bikinan dia sendiri. Posisinya sebagai juri digantikan oleh seorang eksekutif Alibaba.

Dalam sebuah keterangan, pihak Alibaba mengatakan bahwa Ma terpaksa diganti karena masalah waktu. "Karena jadwalnya berbenturan, Bapak Ma tidak lagi menjadi juri dalam final Africa’s Business Heroes," ujar Alibaba.

Namun, absennya Ma di acara tersebut tetap menimbulkan keheranan. Apalagi, namanya ikut dihapus dari situs web acara, dan tidak diikutsertakan dalam sebuah video promosional.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 2010 Hari Ini Terbukti

Hilang setelah kritik Pemerintah China

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X