Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Steve Mollenkopf Pensiun, Qualcomm Tunjuk Penggantinya

Kompas.com - 06/01/2021, 13:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Steve Mollenkopf mengumumkan rencananya untuk pensiun dari posisi CEO yang ia emban dalam tujuh tahun terakhir, baru-baru ini.

Ke depannya, Mollenkopf masih akan tetap berada di Qualcomm sebagai penasihat strategis untuk periode waktu yang dirahasiakan oleh perusahaan.

Ia mengaku puas dengan semua pencapaian Qualcomm semasa ia memimpin. "Saya sangat bangga dengan posisi yang saat ini dinikmati oleh perusahaan sebagai pemimpin dunia dalam teknologi nirkabel," kata Mollenkopf.

Qualcomm menunjuk Cristiano Amon sebagai CEO baru pengganti SMollenkopf. Saat ini Amon menjabat sebagai presiden perusahaan.

Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 480, Chipset 5G untuk Ponsel Murah

"Chistian Amon dipilih sebagai CEO pengganti dengan suara bulat dari dewan direksi," kata  Qualcomm dalam sebuah penryataan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Rabu (6/1/2021).

Menurut Mollenkopf, ini merupakan waktu yang tepat untuk Amon mengambil alih kepemimpinan perusahaan dan memanfaatkan peluang terbesar yang pernah ada dalam sejarah perusahaan.

Qualcomm pada akhir tahun lalu mengukuhkan diri menjadi vendor chip 5G terbesar setelah menguasai 39 persen pangsa pasar ponsel 5G, yang terjual di seluruh dunia pada kuartal-III 2020. 

Qualcomm juga membukukan keuntungan yang kuat di segmen chip kelas atas dibandingkan tahun 2019 lalu, sebagaimana dimuat dalam laporan Market Monitor Service dari Counterpoint.

Baca juga: Akhirnya Mediatek Ungguli Qualcomm untuk Pertama Kalinya

Sedangkan, di sektor pangsa pasarglobal, Qualcomm hanya kalah tipis dari pesaing terdekatnya, MediaTek, dengan menguasai 29 persen pangsa pasar.

Mollenkopf sendiri sudah bekerja selama 26 tahun di perusahaan semikonduktor asal AS itu. Ia baru ditunjuk sebagai CEO Qualcomm pada Maret 2014. Dia memimpin ekspansi Qualcomm ke segmen industri baru seperti Internet of Things (IoT), RF Front End, dan otomotif.

"Steve menghadapi lebih banyak hal-hal dan tantangan dalam tujuh tahun sebagai CEO daripada yang dihadapi kebanyakan pemimpin dalam seluruh karir mereka," kata Mark McLaughlin, ketua dewan direksi Qualcomm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com