Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Jepang Bikin PS4 Portabel dalam Tas Koper

Kompas.com - 06/01/2021, 15:46 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber unilad

KOMPAS.com - Seorang teknisi asal Jepang bernama DX Terraria berhasil mewujudkan mimpi yang telah lama diidam-idamkan para gamer.

Ia sukses menciptakan sebuah konsol PlayStation 4 ( PS4) portabel yang dapat dibawa kemana saja, dan bisa dimainkan kapan saja.

Uniknya, konsol PS4 tersebut ditampung di dalam sebuah tas koper yang memiliki dimensi seluas 390 mm x 280 mm x 110 mm dan berbobot seberat 6,4 kg.

Di dalam koper tersebut, DX Terraria turut membekali sebuah layar monitor yang memungkinkan pengguna untuk bisa langsung memainkan PS4 tanpa perlu terlebih dahulu dikoneksikan pada TV.

Baca juga: Begini Cara Backup Data Game PS4 ke Flashdisk

Untuk melindungi bagian dalam koper, konsol portabel ini turut dilengkapi dengan kaca akrilik yang telah mengusung mekanisme magnet. Dengan demikian, pengguna dapat dengan leluasa membuka kaca tersebut untuk memasukkan cakram BluRay ke dalam konsol.

Tiga pilihan charger yang dapat digunakan untuk mengisi daya PS4 portable bikinan DX TerrariaTwitter/@DXTerraria Tiga pilihan charger yang dapat digunakan untuk mengisi daya PS4 portable bikinan DX Terraria

Pada sektor daya, konsol ini disokong dengan baterai berkapasitas 20.000 mAh yang diklaim cukup untuk digunakan bermain selama satu jam.

DX Terraria pun turut menyediakan tiga buah port yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai. Adapun ketiga port yang dimaksud terdiri dari port AC adaptor, charger USB PD-compatible Type-C, dan port adaptor AC dari laptop.

Baca juga: Koper Pintar dari China Bisa Jalan Sendiri Ikuti Pemiliknya

Dalam menciptakan konsol portabel ini, DX Terraria mengaku membutuhkan waktu pengerjaan selama 10 bulan, dan menghabiskan biaya 50.000 Yen (sekitar Rp 6,7 juta).

DX Terraria pertama kali memamerkan kreasinya lewat sebuah foto dan video singkat yang ia unggah di akun Twitter pribadinya, pada 31 Desember 2020 lalu.

Postingan tersebut lantas mendapatkan respons yang positif, dan telah di-retweet hingga 29.000 kali saat berita ini dibuat. Bahkan tak sedikit dari para gamer yang mengaku tertarik membeli konsol portabel buatan DX Terraria ini.

Kendati demikian, DX Terraria mengaku tidak berencana untuk menjual hasil mahakarya miliknya tersebut sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Unilad, Rabu (6/1/2020).

Selain merancang PS4 portabel, baru-baru ini DX Terraria turut mengumumkan rencana kreasi baru yang akan digarapnya, yakni PS5 portabel.

Serupa dengan pendahulunya, PS5 portabel kabarnya juga akan dirancang sedemikian rupa agar bisa muat di dalam koper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber unilad
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com