BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HP

5 Tips Memilih Printer, Lebih Baik Sedikit Mahal tetapi Awet dan Hemat Biaya Perawatan

Kompas.com - 06/01/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi printer DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi printer
|

KOMPAS.com – Pada era digital, pencetak dokumen atau printer masih dibutuhkan kehadirannya, baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan.

Banyak orang memang sudah memanfaatkan dokumen digital, tetapi dokumen berbentuk fisik juga masih diperlukan, terutama dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.

Selain itu, firma arsitek sebagai perusahaan yang berhubungan dengan rancangan sebuah bangunan juga masih membutuhkan printer untuk mencetak blueprint dan file rancang bangun berformat besar.

Dengan masih tingginya kebutuhan industri akan printer, banyak produsen berlomba-lomba menghadirkan printer dengan teknologi mutakhir.

Baca juga: Makin Canggih, 5 Inovasi Industri Desain Arsitektur yang Mengubah Dunia…

Namun, pemilihan printer tak hanya sebatas kecanggihannya saja. Ada beberapa faktor lain yang mesti diperhatikan, misalnya apakah printer tersebut hemat biaya dan mudah dalam hal perawatan atau tidak.

Untuk mengetahui faktor lain yang perlu dipahami sebelum membeli printer, simak ulasan Kompas.com berikut.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum memutuskan membeli printer, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda atau kantor tempat Anda bekerja. Pasalnya, spesifikasi tiap printer berbeda-beda.

Misalnya, jika kebutuhan Anda hanya untuk mencetak dokumen biasa dengan jumlah yang tak terlalu banyak, printer tipe laser bisa jadi pilihan.

Namun, bila membutuhkan printer yang lebih multifungsi, Anda bisa memilih all-in-one inkjet printer yang bisa digunakan untuk mencetak segala dokumen, memindai (scan), dan menyalin (copy).

2. Beli dalam kondisi baru dan resmi

Membeli printer sama saja dengan berinvestasi. Jadi, lebih baik membeli printer dalam kondisi baru dibandingkan printer bekas pakai (second). Meskipun harus merogoh kocek lebih dalam, membeli printer baru akan memberikan Anda jaminan produk yang lebih berkualitas.

Selain itu, belilah printer di toko tepercaya agar Anda mendapatkan garansi resmi. Dengan begitu, bila printer bermasalah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk melakukan perbaikan.

3. Memilih merek printer tepercaya

Memilih merek printer yang tepercaya juga menjadi faktor penting yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai salah membeli merek printer tertentu hanya karena harganya lebih murah, tetapi kualitas tidak mumpuni.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih merek printer berkualitas, seperti produk dari Hewlett-Packard (HP). Perlu diketahui, HP sudah memproduksi produk printer sejak 1984.

Pada saat itu, perusahaan asal Amerika Serikat ini memproduksi HP ThinkJet. Lalu, selang beberapa waktu meluncurkan printer laser pertama, yakni HP LaserJet. Dengan rekam jejak serta kualitas produksi yang baik, hingga saat ini HP telah mengeluarkan ragam jenis printer dengan kegunaan dan keunggulannya masing-masing.

Ilustrasi printerDOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi printer

4. Ketahui biaya pembelian dan pengeluaran perawatan

Saat membeli printer, sebaiknya Anda tak hanya terfokus pada harga beli saja. Namun, Anda juga harus memperhitungkan pengeluaran pemakaian dan perawatan. Pasalnya, percuma saja jika membeli printer dengan harga terjangkau apabila biaya perawatannya selangit.

Adapun keperluan pemakaian dan perawatan printer meliputi biaya konsumsi tinta, penggantian tangki tinta, pembersihan saluran tinta, serta perawatan printhead secara berkala.

Namun, jika Anda menggunakan printer berkualitas, seperti HP DesignJet T250, Anda tak perlu lagi khawatir terhadap berbagai pengeluaran perawatan tersebut.

Menurut penelitian yang dilakukan HP, produk printer HP DesignJet T250 disinyalir lebih hemat 4 persen dalam penggunaan tinta pada periode 60 bulan dibandingkan kompetitor yang memiliki spesifikasi serupa.

Kemudian, HP DesignJet T250 juga lebih hemat 80 persen dalam mengurangi pemborosan tinta yang terbuang pada nozzle (bagian yang mengeluarkan tinta).

Selain itu, printhead dari HP DesignJet T250 memiliki desain simpel sehingga Anda tidak memerlukan bantuan tim ahli untuk melakukan pembersihan. Dengan proses pembersihan yang mudah, Anda bisa mengurangi masa downtime sebanyak 300 persen dibandingkan printer jenis lain.

5. Cek kondisi printer

Last but not least, sebelum membeli jangan lupa untuk mengecek kondisi printer yang Anda pilih. Meskipun printer yang Anda beli dalam kondisi baru, tak menutup kemungkinan adanya gangguan operasional.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan fisik dan pastikan printer bekerja secara optimal dengan melakukan pengetesan di tempat Anda membeli, ya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai printer dan bagaimana cara mengurangi biaya pencetakan untuk perusahaan Anda, download e-book ini secara gratis.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang produk-produk yang dihadirkan oleh HP, Anda dapat menghubungi email hplargeformatprinter_id@hp.com atau telepon ke + 6221-2922-3051.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya