Kompas.com - 07/01/2021, 07:16 WIB

KOMPAS.com - Setelah setia menemani gamer selama hampir tujuh tahun lamanya, konsol PlayStation 4 (PS4) dikabarkan bakal segera disetop produksinya oleh Sony. Sebab,  lini varian PS4 Pro, PS4 Glacier White, dan PS4 Slim 1 TB belakangan lenyap dari situs Sony Jepang.

Saat coba dikunjungi oleh KompasTekno, situs tersebut kini memang hanya menjual PS5 Slim 500 GB varian Jet Black.

Selain itu, beberapa waktu lalu situs PlayStation Direct juga sempat mengumumkan bakal menghentikan stok penjualan PS4 Pro. Namun, pengumuman tersebut dihapus secara diam-diam oleh Sony, meski stok konsol pun sudah tak lagi tersedia.

Baca juga: PS5 dan Xbox Series S Masuk Daftar Penemuan Terbaik 2020

Media game asal Jepang, Game Watch, menyebutkan bahwa seluruh model dalam lini konsol PS4 memang telah dihentikan produksinya dengan satu pengecualian, yakni varian Slim Jet Black 500 GB tadi, setidaknya untuk produksi di Jepang.

Alasan Sony "mengorbankan" PS4 disinyalir adalah untuk menggenjot produksi konsol generasi terbarunya, PlayStation 5 (PS5). Sebab, stok konsol next-gen tersebut tersendat sehingga banyak peminat yang tidak bisa mendapatkannya.

Baca juga: Bos Sony Sebut PlayStation 5 Ludes Terjual

Dugaan lain menyebutkan bahwa Sony sengaja mengikuti jejak Microsoft, yang telah terlebih dahulu menghentikan produksi konsol Xbox One X pada pertengahan tahun 2020.

Apabila benar, maka produksi PS5 kemungkinan akan meningkat seiring dengan pemangkasan produksi PS4 dan PS4 Pro.

Meski demikian, seperti dikutip KompasTekno dari BGR, Rabu (6/1/2021), Sony tidak akan serta-merta menghilangkan dukungan untuk PS4 karena masa transisi ke PS5 diperkirakan akan membutuhkan waktu hingga tiga tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.