Dapat Frekuensi 5G, Smartfren Targetkan Penambahan Pelanggan 30 Persen

Kompas.com - 07/01/2021, 19:06 WIB
Ilustrasi 5G SHUTTERSTOCKIlustrasi 5G

KOMPAS.com - Tahun 2021 menjadi tahun yang penting bagi Smartfren. Pasalnya, operator seluler itu telah memenangkan lelang pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk jaringan 5G, yang dibuka oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

Deputy CEO Smartfren, Djoko Tata Ibrahim mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengadakan uji coba 5G pada 20 Januari mendatang.

Uji coba tersebut akan diadakan di salah satu galeri Smartfren yang berlokasi di Jalan Sabang dan bakal dihadiri secara virtual oleh anggota Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Baca juga: Ini Rencana Smartfren dan Tri Setelah Dapat Frekuensi 5G

"Smartfren secara teknologi siap untuk melaksakan layanan 5G. Kita mendukung daripada program pemerintah, dalam hal ini Memkominfo," ujar Djoko dalam acara konferensi pers virtual, Kamis (7/1/2020).

"Kita harapkan (jumlah pelanggan) kita bisa bertumbuh 25 sampai 30 persen dibandingkan dengan tahun lalu," lanjut Djoko.

Sebagai gambaran, pada paruh pertama 2020 lalu, Smartfren mengklaim memiliki 26 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Pada 2021 ini, Smartfren mematok target jumlah pelanggan menjadi dua kali lipat, yakni 40 juta.

3 operator penyelenggara 5G

Seperti diberitakan sebelumnya, Kemenkominfo telah menetapkan tiga operator yang akan menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Adapun ketiga operator seluler tersebut adalah Smartfren, Telkomsel, dan Tri Indonesia.

Smartfren resmi mendapatkan bagian blok A di frekuensi 2,3 GHz, dengan alokasi lebar pita sebesar 10 MHz. Sebelumnya, Smartfren telah memiliki alokasi 30 Mhz di pita frekuensi 2,3 GHz.

Dengan tambahan 10 Mhz ini, Smartfren akan memiliki lebar pita 40 Mhz, serupa dengan yang dimiliki Telkomsel.

Sementara Hutchison Tri Indonesia mendapat bagian blok C yang tersebar di sembilan wilayah, sementara Telkomsel mengisi satu blok lainnya, yakni Blok B.

Serupa dengan Smartfren, dan Telkomsel, Tri juga mendapatkan alokasi spektrum sebesar 10 Mhz.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X