Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teknologi Video di Oppo Reno5 yang Segera Hadir di Indonesia

Kompas.com - 08/01/2021, 08:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang jadi andalan Oppo Reno5 yang segera meluncur di Indonesia adalah perekaman video.

Ponsel ini dilengkapi dengan teknologi Oppo Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, yang terdiri dari dua  mesin peningkatan kualitas dan mesin persepsi foto.

Seperti namanya, kedua engine tersebut bertugas meningkatkan kualitas gambar pada obyek yang sedang bergerak pada kondisi cahaya yang redup dan terang sekalipun.

Baca juga: Jelang Peluncuran, Oppo Pamerkan Kemampuan Kamera Reno5

Menurut keterangan tertulis Oppo, Jumat (8/1/2021), mesin ini merupakan pondasi dari berbagai fungsi imaging yang hadir pada seri OPPO Reno5, seperti AI Highlight Video dan Ultra Steady Video 3.0.

AI Highlight Video

Kamera Reno5 telah dilengkapi dengan teknologi AI Highlight Video, yang merupakan gabungan dari Ultra Night Video dan Live HDR.

Dengan mengaktifkan mode AI Highlight Video, pengguna diklaim dapat merekam video dengan kualitas gambar yang terlihat jelas, cerah, dan tampak alami.

AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma otomatis, yaitu Adaptive Brightness Adjustment untuk auto exposure, Adaptive Dynamic Range untuk memperluas rentang dynamic range, dan Adaptive Noise Reduction untuk meredam noise.

Baca juga: Oppo Beberkan Spesifikasi Reno5 Versi Indonesia

Berdasarkan hasil pengujian performa yang dilakukan oleh Oppo, dinyatakan bahwa video yang direkam menggunakan Reno5 dengan AI Highlight Video yang sedang aktif akan terlihat 74,4 lebih cerah dan 33,7 persen lebih jelas.

Ultra Steady Video 3.0

Untuk meningkatkan stabilisasi gambar, Reno5 turut dibekali dengan fitur Ultra Steady Video 3.0. Dikatakan fitur ini mampu menjaga stabilisasi gambar, meski objek sedang dalam keadaan berjalan, melompat, atau melakukan berbagai gerakan ekstrim lainnya.

Scene Design Manager dan Portrait Recognition

Sementara itu, mesin persepsi potret berfungsi untuk memastikan area lingkungan dan objek potret tetap terlihat alami, sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar video yang optimal.

Mesin ini merupakan "otak" bagi dua fitur unik bernama Scene Design Manager dan Portrait Recognition. Scene Design Manager dilengkapi dengan kemampuan unik untuk menganalisis potret secara langsung.

Setelah mesin persepsi potret menerima kalkulasi dari Scene Design Manager, model AI dan jaringan neural mulai bekerja untuk mengenali subjek potret dalam gambar, memisahkannya dari latar belakang gambar.

Baca juga: Oppo Reno5 4G Resmi, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kemudian fitur Portrait Recognition akan bekerja dengan mengenali subjek foto. Selanjutnya, fitur lain seperti AI Highlight Video akan mulai bekerja untuk menyesuaikan kondisi kecerahan, warna atau kontras dengan presisi yang lebih baik.

Selain Portrait Recognition, mesin persepsi potret juga dapat mendeteksi dan melacak tubuh manusia yang bergerak di dalam video.

Melalui teknik ini, efek lain seperti AI Color Portrait dan AI Mixed Video juga turut diterapkan untuk menghasilkan kualitas video yang lebih natural.

Setelah selesai melakukan proses pengambilan video selesai dilakukan, pengguna juga dapat langsung menyunting video menggunakan aplikasi SOLOOP yang tersedia pada Reno5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com