Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Hapus Emoji PogChamp, Buntut Kerusuhan di Gedung Capitol AS

Kompas.com - 08/01/2021, 11:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Twitch merupakan platform streaming yang populer di kalangan para gamer. Serupa dengan platform sejenis lainnya, Twitch memungkinkan pengguna untuk membagikan pesan dan emoji pada kolom chat (percakapan) antar-streamer.

Di antara ratusan emoji yang tersedia, Pogchamp adalah salah satu emoji populer yang paling banyak digunakan di Twitch. Emoji Pogchamp diambil dari wajah pemain game Street Fighter profesional bernama Ryan "Gootecks" Gutierrez.

Emoji yang juga akrab dipanggil dengan sebutan Poggers ini kerap digunakan untuk mengekspresikan kegembiraan dan rasa kaget.

Baca juga: Twitch, Facebook Live, Instagram Live, dan YouTube Live Terancam Dilarang di Indonesia

Ekspresi wajah Ryan Gootecks Gutierrez yang digunakan sebagai emoji PogChampIGN Ekspresi wajah Ryan Gootecks Gutierrez yang digunakan sebagai emoji PogChamp

Namun, emoji Pogchamp kini tidak lagi bisa dipakai, lantaran Twitch telah menghapus eksistensi emoji ini dari platformnya.

Penyebabnya adalah, Gutierrez diketahui telah mengunggah sebuah twit di akun Twitter pribadinya, yang berisi dukungan dan memprovokasi kerusuhan yang terjadi di gedung Capitol, AS.

Secara spesifik, twit Gutierrez mengajak demonstran untuk terus melanjutkan aksi kerusuhan pasca-insiden tertembaknya seorang wanita yang diketahui pendukung Donald Trump, dalam aksi demo di Gedung Capitol Rabu, (7/1/2020) kemarin.

Baca juga: Jumlah Penonton Twitch Melonjak karena WFH

Sebelum twit Gutierrez menjadi viral. Phiak Twitch lebih dahulu mengumumkan bakal menghapus penggunaan emoji PogChamp untuk menjaga nilai moral platform miliknya.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (8/1/2021), Twitch juga berjanji untuk menghadirkan emoji baru untuk menggantikan PogChamp.

"Kami telah membuat keputusan untuk menghapus emoji PogChamp setelah adanya pernyataan yang mendorong kekerasan lebih lanjut pada insiden yang terjadi di Capitol hari ini," tulis Twitch.

"Kami akan bekerja dengan komunitas untuk merancang emoji baru untuk mengekspresikan momen paling hype di Twitch," lanjut Twitch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com