Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia, Bersiap Bangun Kota di Mars

Kompas.com - 08/01/2021, 12:03 WIB
Elon Musk reuters.comElon Musk

KOMPAS.com - Elon Musk, bos perusahaan mobil listrik Tesla akhirnya dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia. Ia mengalahkan pendiri Amazon Jeff Bezos yang menduduki predikat orang terkaya sejagat sejak 2017.

Musk kini tercatat memiliki kekayaan bersih mencapai 186 miliar dollar As (sekitar Rp 2.618 triliun). Ia lebih kaya 1,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 21,1 triliun) daripada Bezos.

Salah satu faktor yang membuat Musk naik ke posisi teratas ialah harga saham Tesla yang naik hingga 4,8 persen.

Kenaikan harga saham ini terjadi setelah disahkannya Joe Biden sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat oleh kongres berdasarkan pemungutan suara Electoral College, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Guardian, Jumat (8/1/2021).

Sebelumnya, harga saham Tesla juga diketahui meningkat lebih dari tujuh kali lipat tahun 2020 karena permintaan mobil listrik melonjak dan wacana penerapan agenda hijau (green agenda) baru oleh pemerintah.

Baca juga: Di Balik Minat LG dan Tesla Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Nilai perusahaan Tesla kini melampaui 700 miliar dollar AS (sekitar Rp 9.826 triliun) untuk pertama kalinya pada minggu ini. Jumlah tersebut masih lebih tinggi dibandingkan nilai gabungan dari perusahaan Toyota, Volkswagen, Hyundai, GM dan Ford.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi kabar tersebut, Musk justru merasa aneh. Hal itu ia sampaikan langsung melalui salah satu kicauan di Twitter.

"Mari kembali bekerja," twit Musk secara terpisah masih menanggapi penobatan dirinya menjadi orang paling kaya di dunia.

Pemilik perusahaan roket ruang angkasa SpaceX itu diketahui memiliki keinginan yang kuat untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

Menariknya, Musk tidak berniat menggunakan uangnya itu untuk keperluan pribadinya seperti membeli properti, kapal pesiar, ataupun berekreasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.