Facebook Akhirnya Tunduk pada Aturan Apple

Kompas.com - 09/01/2021, 17:05 WIB
ilustrasi Facebook Bloombergilustrasi Facebook

KOMPAS.com - Perdebatan Facebook soal kebijakan privasi pengguna iOS 14 kini menjumpai kesepakatan baru. Facebook yang awalnya menentang kebijakan Apple ini, nampaknya mulai tunduk dengan aturan tersebut.

Berdasarkan laporan, Facebook kabarnya akan memperingatkan penggunanya untuk menyetujui perubahan kebijakan privasi, yang mengharuskan aplikasi meminta izin sebelum melacak aktivitas yang dilakukan.

Keputusan ini diambil Facebook semata-mata agar aplikasinya tidak diblokir dari toko iOS, yang tentunya akan mendatangkan kerugian besar bagi perusahaan.

Baca juga: Facebook Akui Kesulitan Lacak Pengguna untuk Iklan di iOS 14

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slash Gear, Sabtu (9/1/2021), Facebook nantinya juga akan memberi panduan kepada pengguna terkait kebijakan Apple soal pelacakan identitas lewat nomor unik perangkat (IDFA).

Dengan demikian, bisa diartikan bahwa Facebook tidak punya pilihan selain mematuhi persyaratan Apple yang justru dinilai Facebook akan berdampak negatif pada bisnis di platformnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, kebijakan ini disebut akan menyulitkan Facebook dalam menyalurkan iklan, yang selama ini menjadi bisnis utamanya, dan berpotensi akan kehilangan pendapatan.

Sebelumnya, Facebook pun berkali-kali melontarkan tudingan miring atas Apple dan menilai bahwa hal ini akan menyulitkan para pelaku usaha kecil.

Menanggapi tuduhan tersebut, CEO Apple, Tim Cook menegaskan bahwa Facebook tetap bisa melacak pengguna seperti sebelumnya.

Hanya saja, App Tracking Transparency di iOS 14 mengharuskan aplikasi seperti Facebook untuk meminta izin kepada pengguna terlebih dahulu.

Baca juga: Update iOS 14 Bikin Baterai Jadi Boros? Ini Solusinya

Menurut Cook, kebijakan ini diambil lantaran Apple mengutamakan kepentingan para pengguna perangkatnya, dalam hal privasi data.

"Kami harus memberi opsi khusus ini kepada pengguna agar mereka tahu data yang dikumpulkan dari mereka dan bagaimana data itu dapat dikelola dengan baik dan aman," tulis Cook.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X