Daftar ISP di Indonesia yang Paling Kencang dan Lelet untuk Akses Netflix

Kompas.com - 12/01/2021, 16:23 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Platform streaming Netflix merilis daftar terbaru kecepatan internet yang diberikan penyedia layanan internet (internet service provider, ISP) di Indonesia. Laporan ini hanya mencakup daftar ISP broadband saja, dan tidak menyertakan jaringan seluler.

Secara sederhana, Netflix menghitung kecepatan internet masing-masing ISP dengan membagi sesi-sesi prime time ke dalam rentang kecepatan 0,5 Mbps. Sesi prime time adalah tiga jam teratas dari waktu streaming Netflix setiap hari untuk setiap ISP.

Kemudian, Netflix menghitungnya berdasarkan bitrate maksimum yang dihitung berdasarkan jenis resolusi yang dipilih saat menonton (SD/HD/4K), perangkat streaming, dan rumus penyandian.

Baca juga: Netflix Jajal Mode Suara, Film Bisa Didengarkan seperti Podcast

Dalam situs resminya dan dirangkum KompasTekno, Selasa (12/1/2021), Netflix menyebut ISP yang masuk dalam daftar adalah ISP broadband yang konsisten memiliki lebih dari 1 persen jam streaming di suatu negara.

Kecepatan internet yang diukur dalam laporan ini adalah enam bulan terakhir, dan berakhir pada bulan Desember 2020.

Di Indonesia, kecepatan internet saat menonton Netflix tertinggi mencapai 3,4 Mbps.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kecepatan tersebut diberikan oleh beberapa ISP yang masuk golongan peringkat pertama, yakni Biznet, Cyberindo Aditama, GIG by Indosat Ooredoo, MNC Play, dan My Republic.

Peringkat kedua adalah ISP yang memberikan kecepatan internet 3,2 Mbps, yakni LinkNet dan XL Home. Sementara kecepatan paling rendah adalah 1 Mbps yang diberikan oleh Telkom.

Baca juga: Netflix Lemot di IndiHome, Pelanggan Duga Koneksi Dicekik

Ranking Kecepatan ISP
1 3,4 Mbps Biznet, Cyberindo Aditama, GIG by Indosat Ooredoo,
MNC Play, MyRepublic
2 3,2 Mbps LinkNet, XL Home
3 1 Mbps Telkom

Di Indonesia, rata-rata kecepatan internet saat streaming Netflix yang diberikan ISP adalah 2,4 Mbps, setara dengan Republik Dominika.

Kecepatan internet rata-rata tertinggi untuk streaming Netflix adalah 3,8 Mbps yang diraih negara Australia, Belanda, Belgia, Hong Kong, Singapura, Swiss, dan Thailand.

Daftar rata-rata kecepatan internet saat streaming Netflix di beberapa negara.Netflix Daftar rata-rata kecepatan internet saat streaming Netflix di beberapa negara.
Sementara paling rendah adalah Venezuela dengan rata-rata kecepatan internet saat streaming Netflix hanya 1,4 Mbps.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X