Gojek dan Grab Harap Waspada, ShopeeFood Siap Ekspansi di Indonesia

Kompas.com - 14/01/2021, 09:41 WIB
Tangkapan laya iklan Shopee Food di Indonesia YouTube/Shopee IndonesiaTangkapan laya iklan Shopee Food di Indonesia

KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Shopee diduga kuat akan segera memgekspansi layanan pesan-antar makanan miliknya, Shopee Food di Indonesia dengan merekrut mitra driver. Layanan ini akan menjadi pesaing dari GoFood dan GrabFood.

Layanan ShopeeFood sendiri sudah dikenalkan di Indonesia sejak April 2020, dan juga sudah tersedia di Vietnam, setelah induk Shopee, Sea Group mengakuisisi perusahaan pesan-antar makanan di Hanoi, Vietnam, yakni Foody Corporation pada Agustus 2020.

Iklan Shopee Food juga sudah diunggah di kanal YouTube resmi Shopee Indonesia pada 10 Januari 2021.

Iklan tersebut bisa ditonton di tautan berikut ini. Dalam iklan itu, layanan Shopee Food nampaknya akan terpisah dari aplikasi utama Shopee dan bisa diunduh di toko aplikasi Play Store dan Apps Store.

Baca juga: Shopee Kena Wajib Pajak 10 Persen, Harga Barang Jadi Lebih Mahal?

Selain itu, pantauan KompasTekno, aplikasi ShopeeFood Driver yang akan dipakai oleh mitra Shopee Food, sudah bisa diunduh di Google Play Store.

Indikasi lainnya, Shopee Indonesia juga telah mengumumkan informasi prekrutan mitra kemudi untuk Shopee Food, di situs resmi mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam situs yang dimutakhirkan pada 25 November 2020 itu, lebih banyak memuat ketentuan hukum, persyaratan, serta kode etik untuk bergabung menjadi mitra pengemudi Shopee Food.

Pengumuman perekrutan mitra Shopee Food yang beredar di internet.Handout Pengumuman perekrutan mitra Shopee Food yang beredar di internet.
Di jagat internet, informasi pendaftaran untuk mitra kemudi Shopee juga bersliweran. KompasTekno telah menghubungi Shopee untuk memastikan apakah lowongan tersebut benar dan bagaimana cara pendaftarannya yang tepat.

KompasTekno tengah berupaya meminta konfirmasi kepada Shopee tentang layanan ShopeeFood ini.

Namun hingga berita ini ditayangkan, Shopee Indonesia belum memberikan tanggapan.

Bisnis pesan-antar makanan di Indonesia memang cukup menggiurkan.

Menurut laporan e-Conomy SEA dari Google, Temasek, dan Bain & Company tahun lalu, layanan pesan-antar makanan mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020.

Baca juga: Grab dan Induk Shopee Kantongi Izin Bikin Bank Digital di Singapura

Di Indonesia, layanan pesan-antar makanan masih didominasi oleh Gojek dan Grab. Apabila nanti Shopee Food resmi diluncurkan, tak pelak akan menjadi pesaing baru dua perusahaan ride-hailing bewarna hijau itu.

Shopee juga akan menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang memiliki layanan pesan-antar makanan sendiri, apabila Shopee Food benar-benar diluncurkan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X