Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Charger Orisinil Samsung Galaxy S21 di Indonesia Jika Dibeli Terpisah

Kompas.com - 15/01/2021, 17:08 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Trio Galaxy S21 akhirnya resmi diluncurkan secara global dalam acara "Galaxy Unpacked" yang disiarkan seara virtual, Kamis (14/1/2021). Salah satu hal yang menjadi perhatian di Galaxy S21 series adalah absennya kepala charger (adapter) di kotak penjualan.

Ini adalah pertama kalinya Samsung tak menyertakan adapter di dalam kotak penjualan smartphone. Langkah yang sama sudah lebih dulu dilakukan Apple ketika merilis iPhone 12 akhir 2020 lalu.

Senada dengan Apple, Samsung beralasan, keputusanya tidak menyertakan adapter adalah demi membantu mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

"Untuk mendukung komunitas Galaxy dalam perjalanan ini (keberlangsungan lingkungan), kami bertransisi untuk menanggalkan kepala charger dan earphone di lini smartphone Galaxy terbaru kami," jelas Patrick Shomet, EVP and Head of Customer Experience Office, Mobile Communication Business Samsung Electronics dalam situs resmi Samsung.

Baca juga: Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Alasan Samsung

Dengan demikian, pengguna hanya menapat satu unit ponsel, kabel USB type-C, SIM, ejektor dan beberapa buku panduan standar. Samsung mengatakan pengguna S21 Ultra bisa menggunakan charger USB Type C yang sudah dimiliki.

Namun jika rusak atau belum punya, pengguna bisa membelinya secara terpisah. Adapter charger bisa dibeli secara online di situs resmi Samsung www.galaxylaunchpack.com.

Baik Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, maupun Galaxy S21 Ultra, didukung fitur pengisi daya cepat kabel 25 watt dan pengisi daya nirkabel 15 watt.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (15/1/2021) daftar harga charger kabel dan nirkabel untuk Galaxy S21 series di situs resmi Samsung Indonesia adalah sebagai berikut:

  • 9W Wireless Charger Trio - Rp 1.199.000
  • 9W Wireless Charger Duo  -  Rp 799.000
  • 9W Wireless Charger Single -  Rp 549.000
  • 25W Wired Wall Charger Super Fast Charging (adapter + kabel) - Rp 449.000
  • 25 W Wired Wall Charger for Super Fast Charging (adapter) - Rp 299.000

Baca juga: Samsung Galaxy Buds Pro Resmi, Harga Rp 2 Jutaan

Pengguna S21 series bisa menggunakan wireless earphone yang sudah dimiliki atau menggunaan earphone/headset 3,5mm dengan bantuan dongle USB type-C ke 3,5mm.

Sebab, lini Galaxy S21 sudah tidak lagi memiliki jack audio 3,5mm. Samsung juga baru saja memperkenalkan Galaxy Buds Pro yang dijual dengan harga Rp 3.548.000 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com