Kompas.com - 17/01/2021, 10:55 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Dari ketiga ponsel di lini Galaxy S21 terbaru Samsung, Galaxy S21 Ultra adalah yang terlengkap. Kamera belakang, misalnya, berjumlah hingga 4 buah, termasuk dua kamera telefoto yang masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Mengapa perlu ada dua buah? Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, mengatakan alasannya adalah untuk meningkatkan kualitas gambar saat pengguna melakukan zooming.

"Dua kamera telefoto ini dihadirkan berdasarkan pemakaian konsumen, ada yg menggunakan zoom untuk menengah (3x), dan juga ada yang jarak jauh (10x)," tutur Taufiq kepada KompasTekno lewat sambungan telepon, Jumat (16/1/2021).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra di Indonesia

Biasanya, teknik pembesaran optis menengah (3x) dipakai untuk pemotretan mode portrait, sedangkan pembesaran optis jarak jauh (10x) digunakan untuk melihat detail obyek di kejauhan.

Dengan menggunakan dua tingkat zoom berbeda, maka hasil foto akan lebih bagus di tingkat zoom menengah (3x) dan jauh (10x) karena merupakan hasil zoom optis, bukan pembesaran digital dari kamera wide atau kamera telefoto dengan jangkauan lebih pendek.

Adapun untuk spesifikasinya, kedua kamera telefoto ini sama-sama beresolusi 10 MP. Lensa yang digunakan berbeda, yakni dengan focal length 70mm (ekuivalen full frame) dan aperture f/2.4 untuk telefoto 3x, dan focal length 240mm f/4.9 untuk telefoto 10x.

Baca juga: S Pen Kini Hadir Di Galaxy S21 Ultra, Bagaimana Nasib Galaxy Note?

Dengan jangkauan zoom optis 10x (dibanding kamera utama), kamera telefoto Galaxy S21 pun bisa melakukan pembesaran digital dengan lebih baik ketimbang kamera telefoto Galaxy S20 sebelumnya, meskipun resolusinya kalah besar (10 MP berbanding 48 MP).

Sebab, kamera telefoto Galaxy S21 memulai di titik zoom yang lebih besar, yakni 10x, dibandingkan kamera telefoto Galaxy S20 yang mulai di 4x. Galaxy S21 pun hanya perlu melakukan pembesaran digital dengan lebih sedikit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.