Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2021, 11:31 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan trio Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra dalam acara bertajuk "Galaxy Unpacked", Kamis (14/1/2021). Ketiga ponsel ini merupakan suksesor dari Galaxy S20 series yang diperkenalkan tahun lalu.

Sama seperti tahun sebelumnya, varian dengan embel-embel "Ultra" menjadi model tertinggi di seri Galaxy S21. Lantas, apa saja fitur baru yang hadir di Galaxy S21 Ultra ini?

Fitur pertama yang menjadi sorotan utama di Galaxy S21 Ultra adalah mendukung penggunaan pena digital S Pen. Dukungan S Pen ini hadir untuk pertama kalinya di keluarga seri Galaxy S.

Stylus ini eksklusif hadir untuk Galaxy S21 Ultra, S21 dan S21 Plus tidak bisa menggunakan S Pen.

Namun, berbeda dengan Galaxy Note, S Pen di Galaxy S21 Ultra dijual secara terpisah. S Pen sendiri akan dijual bersama dengan back cover.

Sebab, di bodi Galaxy S21 Ultra tidak ada ruang khusus untuk menempatkan S Pen seperti Galaxy Note. Sehingga, S Pen hanya bisa diselipkan di kompartemen yang ada di back cover.

Ada dua jenis S Pen yang akan dijual, yaitu S Pen reguler dan S Pen Pro.

S Pen reguler di Galaxy S21 Ultra belum didukung fitur Bluetooth Low Energy (BLE). S Pen dengan BLE hadir pertama kali lewat Galaxy Note 9.

Fitur ini berfungsi sebagai pengontrol kamera dari jarak jauh. Itu berarti, S Pen belum mampu digunakan untuk memotret atau mengontrol kamera dari jarak jauh.

Untuk saat ini, S Pen di Galaxy S21 Ultra baru bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di aplikasi Samsung Notes. Bisa juga digunakan untuk menggulir layar atau mempermudah penyuntingan foto.

Baca juga: Samsung Indonesia Buka Pre-order Galaxy S21, Satu Jam Setelah Peluncuran Global

Layar

Peningkatan selanjutnya berasal dari sektor layar. Galaxy S21 Ultra memiliki layar Dynamic AMOLED 2x dengan diagonal 6,8 inci dan resolusi WQHD Plus yang sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Salah satu yang baru, refresh rate 120 Hz di ponsel tersebut kini bisa dinikmati di resolusi maksimal, alih-alih hanya mentok di Full HD Plus seperti Galaxy S20 Ultra.

Panelnya juga kini mengusung Adaptive Refresh Rate (ARR), salah satu fitur yang diperkenalkan di Galaxy Note 20 Ultra tapi absen di Galaxy S20 Ultra.

Layar Galaxy S21 Ultra.Samsung Layar Galaxy S21 Ultra.
Fitur ini memungkinkan layar menyesuaikan refresh rate sesuai konten yang ditampilkan. Pada saat melihat konten statis, misalnya, refresh rate akan diturunkan ke angka terendah (10 Hz). Dengan begini, baterai ponsel diklaim akan tetap awet.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com