Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno5 Punya Fitur Menumpuk Dua Video

Kompas.com - 19/01/2021, 13:58 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Indonesia telah memperkenalkan Reno5 awal Januari lalu. Berbeda dengan Reno4, Reno5 kini berfokus pada video.

Oppo Reno5 bertumpu pada kecanggihan teknologi kecerdasan buatan/artifical intelligent (AI) untuk meningkatkan kemampuan pengambilan video.

Teknologi AI disebut bisa membuat sensor kamera lebih mudah mendeteksi obyek dengan otomatis, membuat rekaman video lebih stabil, dan memaksimalkan beberapa pengaturan sehingga foto atau video yang dihasilkan lebih berkualitas.

Bahkan di Reno5, AI bisa "menyulap" video menjadi lebih unik. Lewat Reno5, Oppo memperkenalkan fitur AI Mixed Portrait. Oppo mengklaim Reno5 jadi vendor smartphone pertama yang menyematkan fitur tersebut.

"Oppo Reno5 adalah smartphone pertama di dunia yang mendukung fitur video ini (AI Mixed Portrait)," klaim Marvel Sun, Product Manager Oppo Indonesia dalam acara peluncuran Reno5.

AI Mixed Portrait adalah fitur video eksposur ganda (double exposure). Fitur ini akan menumpuk dua video, satu sebagai latar belakang dan video lain sebagai latar depan. Video yang digunakan sebagai latar depan harus subyek berupa manusia, bukan hewan atau yang lain.

Selama ini, hal itu hanya bisa dilakukan dengan aplikasi edit video pihak ketiga. Karena hadir secara bawaan, pengguna Reno5 lebih mudah untuk membuat video dengan konsep tersebut.

Baca juga: Mengenal Tiga Fitur Unik di Oppo Reno5

Ada dua mode AI Mixed Portrait, yakni Silhoutte Mode dan Blend Mode.

Silhoutte Mode akan menampilkan siluet di video latar depan. Sementara Blend Mode akan menyatukan "bayangan" video latar depan yang ditempelkan ke video latar belakang.

Kemudian, fitur AI Highlight Video yang menggunakan deteksi cahaya untuk mengombinasikan algoritma Ultra Night Video dan Live HDR untuk meningkatkan kualitas video dalam lingkungan minim cahaya maupun latar dengan cahaya yang sangat terang.

Contoh hasil penggunaan fitur AI Mixed Portrait yang terdapat pada Oppo Reno5.Oppo Indonesia Contoh hasil penggunaan fitur AI Mixed Portrait yang terdapat pada Oppo Reno5.
Di lingkungan minim cahaya, kamera akan mengaktifkan Ultra Night Video sehingga tangkapan gambar layar akan tetap cerah dan tajam. Lalu di lingkungan terang benderang, HDR Live akan aktif otomatis untuk menyeimbangkan obyek di latar belakang agar terhindar dari backlight.

Baca juga: Unboxing dan Menjajal Oppo Reno5 yang Dijual Rp 5 Juta di Indonesia

Selain itu, Oppo Reno5 juga memiliki fitur AI Color Portrait yang memungkinkan latar belakang video berubah menjadi warna monokrom, sementara subyek utama tetap mempertahankan warnanya. Terakhir, Reno5 juga memiliki fitur AI Monochrome Video.

Fitur ini mirip dengan AI Color Portrait, hanya saja ada tiga filter yang bisa dipilih yakni merah, hijau, dan biru. Ketika memilih salah satu warna filter, subyek utama akan menyesuaikan warna tersebut dan latar belakang akan berubah menjadi hitam-putih.

Untuk spesifikasi secara hardware, Reno5 memiliki empat kamera belakang yang terdiir dari kamera utama 64MP (f/1.7), ultrawide 8MP (f/2.2), makro 2MP (f/2.4), dan mono 2MP (f/2.4).
Untuk penggemar swafoto, tersedia kamera depan beresolusi 44MP.

Oppo Reno5 dijual dengan harga Rp 4.999.000 dan bisa dipesan di marketplace mulai 13-21 Januari 2021. Untuk informasi lebih lanjut seputar pre-order Reno5, bisa dilihat di situs resmi Oppo.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Reno5 di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com