Oppo Reno5 Punya Fitur Menumpuk Dua Video

Kompas.com - 19/01/2021, 13:58 WIB
Ilustrasi penggunaan teknik double exposure Dok. Oppo IndonesiaIlustrasi penggunaan teknik double exposure

KOMPAS.com - Oppo Indonesia telah memperkenalkan Reno5 awal Januari lalu. Berbeda dengan Reno4, Reno5 kini berfokus pada video.

Oppo Reno5 bertumpu pada kecanggihan teknologi kecerdasan buatan/artifical intelligent (AI) untuk meningkatkan kemampuan pengambilan video.

Teknologi AI disebut bisa membuat sensor kamera lebih mudah mendeteksi obyek dengan otomatis, membuat rekaman video lebih stabil, dan memaksimalkan beberapa pengaturan sehingga foto atau video yang dihasilkan lebih berkualitas.

Bahkan di Reno5, AI bisa "menyulap" video menjadi lebih unik. Lewat Reno5, Oppo memperkenalkan fitur AI Mixed Portrait. Oppo mengklaim Reno5 jadi vendor smartphone pertama yang menyematkan fitur tersebut.

"Oppo Reno5 adalah smartphone pertama di dunia yang mendukung fitur video ini (AI Mixed Portrait)," klaim Marvel Sun, Product Manager Oppo Indonesia dalam acara peluncuran Reno5.

AI Mixed Portrait adalah fitur video eksposur ganda (double exposure). Fitur ini akan menumpuk dua video, satu sebagai latar belakang dan video lain sebagai latar depan. Video yang digunakan sebagai latar depan harus subyek berupa manusia, bukan hewan atau yang lain.

Selama ini, hal itu hanya bisa dilakukan dengan aplikasi edit video pihak ketiga. Karena hadir secara bawaan, pengguna Reno5 lebih mudah untuk membuat video dengan konsep tersebut.

Baca juga: Mengenal Tiga Fitur Unik di Oppo Reno5

Ada dua mode AI Mixed Portrait, yakni Silhoutte Mode dan Blend Mode.

Silhoutte Mode akan menampilkan siluet di video latar depan. Sementara Blend Mode akan menyatukan "bayangan" video latar depan yang ditempelkan ke video latar belakang.

Kemudian, fitur AI Highlight Video yang menggunakan deteksi cahaya untuk mengombinasikan algoritma Ultra Night Video dan Live HDR untuk meningkatkan kualitas video dalam lingkungan minim cahaya maupun latar dengan cahaya yang sangat terang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X