Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Lisa, Komputer Apple yang Dirilis 38 Tahun Lalu

Kompas.com - 19/01/2021, 15:43 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 38 tahun lalu atau 19 Januari 1983, Apple memperkenalkan Lisa. Lisa adalah komputer pribadi yang dirancang Apple sejak awal 1980-an.

Nama Lisa merupakan singkatan dari "Local Integrated Software Architecture". Namun, Lisa juga merupakan nama dari anak pertama mendiang Steve Jobs.

Lisa pertama kali diperkenalkan pada 19 Januari 1983 dan dijual dengan harga 9.995 dollar AS. Pada 1983, kurs dollar AS terhadap rupiah adalah sekitar Rp 900 sehingga pada saat itu harga Apple Lisa adalah sekitar Rp 8,9 juta.

Proyek Lisa sendiri dimulai sejak 1978. Dalam perjalanannya, Lisa berkembang menjadi komputer yang dirancang untuk pelanggan bisnis.

Lisa menjadi salah satu komputer pribadi komersial pertama yang memiliki antarmuka grafis (GUI) dan mouse. Komputer ini menggunakan CPU Motorola 68000 dengan clock rate 5 MHz dan memiliki RAM 1 MB. Lisa memiliki dua drive floppy disk.

Baca juga: Kuliah Sekampus, Putri Bill Gates dan Steve Jobs Punya Persaingan Sendiri

Namun, Lisa dianggap sebagai produk gagal secara komersial karena masyarakat lebih tertarik dengan komputer Macintosh yang rilis setahun kemudian dan dijual lebih murah. Padahal, Lisa adalah komputer yang lebih canggih daripada Macintosh pada waktu itu.

Namun, dengan harga awal yang hampir mencapai 10.000 dollar AS, Lisa terlalu mahal untuk dibeli banyak orang. Apple pun mengambil keputusan untuk berhenti memproduksi Lisa pada 1986.

Baca juga: Penelusuran Putri Steve Jobs soal Komputer Apple Lisa

Tentang nama Lisa

Seperti disebutkan di awal, nama Lisa merupakan singkatan dari "Local Integrated Software Architecture". Lisa juga merupakan nama anak perempuan Steve Jobs.

Namun awalnya, Jobs enggan mengakui bahwa nama komputer tersebut diambil dari nama anaknya.

Kisah ini terungkap dalam sebuah buku berjudul "Small Fry" di mana Lisa menceritakan banyak hal, termasuk soal rahasia sang Ayah.

Lisa bercerita, pernah pada suatu hari, ia menanyakan langsung hubungan namanya dengan komputer Lisa. Namun, ketika itu Jobs mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara nama komputer Apple Lisa dengan anaknya.

"Tidak. Maaf, nak," jawab Jobs singkat.

Hubungan antara Steve Jobs dan Lisa pun awalnya tidak berjalan baik. Mulanya, Jobs tidak mengakui Lisa sebagai putrinya, dan Lisa pun tinggal berdua bersama Chrisann Brennan, ibunya.

Hingga akhirnya Jobs dan Lisa melakukan tes DNA dan mednapati kecocokan 94,4 persen.

Baca juga: Ramalan Steve Jobs Tahun 2010 Hari Ini Terbukti

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com