Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra Punya Fitur Penstabil ala Tripod

Kompas.com - 19/01/2021, 16:25 WIB
Galaxy S21 Ultra Phantom Black dan Phantom Silver. SamsungGalaxy S21 Ultra Phantom Black dan Phantom Silver.

KOMPAS.com - Sebagai model teratas di keluarga Galaxy S21, Samsung membekali Galaxy S21 Ultra dengan beberapa fitur spesial yang tidak ada di Galaxy S21 versi "reguler" dan "plus".

Salah satunya ialah adanya fitur "Zoom Lock" pada dua kamera telefotonya. Apa sebenarnya fungsi Zoom Lock ini?

Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Samsung Galaxy S21 Ultra ini dibekali dengan dua kamera telefoto 10 MP, yang masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Seperti kamera periskop lainnya, kamera zoom 10x Galaxy S21 Ultra juga sudah dilengkapi dengan penstabil gambar optical image stabilization (OIS).

Tak hanya itu, kamera telefoto ini juga memiliki zoom digital mencapai 10x. Artinya, kombinasi zoom optis dan zoom digital ini memungkinkan pengguna membidik foto mulai 30x hingga 100x perbesaran (space zoom).

Baca juga: Deretan Fitur Baru di Samsung Galaxy S21 Ultra

Namun, ketika pengguna ingin memotret objek dengan angka zoom yang besar, sedikit gerakan atau gangguan ketika membidik, dapat membuat hasil foto menjadi tidak optimal, misalnya objek jadi tidak fokus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sinilah fitur Zoom Lock berperan. Zoom Lock adalah fitur untuk menstabilkan pengambilan gambar saat menggunakan zoom dengan angka yang besar.

Fitur Zoom Lock ini layaknya sebuah tripod, namun dengan menggunakan teknologi AI, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (19/1/2021).

Fitur ini memungkinkan pengguna "mengunci" bingkai saat menggunakan telefoto 3x atau 10x dengan cara mengetuk bidang layar tempat objek foto berada.

Dengan fitur penguncian ini, pengguna bisa menghasilkan foto yang lebih jelas dan tajam, terutama ketika memotret objek benda langit (bulan atau matahari).

Baca juga: Membandingkan Samsung Galaxy S21 Ultra dan S20 Ultra, Apa Saja Bedanya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.