Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 18:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai model teratas dan teranyar di keluarga Galaxy S, Galaxy S21 Ultra dibekali dengan berbagai peningkatan, salah satunya dibagian sensor kamera utama.

Seperti yang diketahui, Galaxy S21 Ultra memiliki kamera utama (wide) dengan sensor 108 MP. Kali ini, Samsung mebenamkan sensor baru pada kamera utama tersebut, yakni ISOCELL HM3.

Sensor terbaru itu merupakan peningkatan dari sensor sebelumnya yang disematkan pada kamera utama 108 MP Galaxy S20 Ultra, yakni ISOCELL HM2 0,7μm-piksel.

ISOCELL HM3 ini dirancang untuk memberikan peningkatan di sektor auto fokus hingga pengambilan gambar di kondisi low-light.

Samsung meningkatkan ukuran tiap piksel di ISOCELL HM3 menjadi 0,8 mikrometer, dari sebelumnya 0,7 mikrometer di ISOCELL HM2. Ukuran fisik keseluruhan sensor adalah 1/1,33 inci.

Baca juga: Deretan Fitur Baru di Samsung Galaxy S21 Ultra

Fitur baru lainnya adalah teknologi Super PD Plus yang ditingkatkan untuk meningkatkan akurasi fokus hingga 50 persen. Kamera pun bisa mengunci terus fokus di subyek yang bergerak atau yang berada di kondisi cahaya kurang ideal.

Sensor ISOCELL HM3 terbaru ini juga mengadopsi Smart ISO Pro, yang secara otomatis menangkap gambar dengan ISO tinggi dan rendah, kemudian menggabungkan hasil akhirnya menjadi foto yang memiliki rentang dynamic range lebih luas sekaligus minim noise.

Kendati resolusi penuhnya adalah 108 MP, ISOCELL HM3 menggunakan teknik "nona binning:" yang menggabungkan tiap 9 piksel menjadi satu, sehingga menghasilkan gambar dengan resolusi 12 MP untuk memaksimalkan sensitivitas terhadap cahaya.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Kamera Trio Samsung Galaxy S21, Apa yang Baru dan Beda?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (19/1/2021), sensor ISOCELL HM3 pada Galaxy S21 Ultra mampu menjepret 10 gambar per detik dengan resolusi penuh 108 MP atau 90 gambar per detik dengan resolusi 12 MP.

Untuk video, format perekaman yang didukung adalah 8K 30 fps, 4K hingga 120 fps, dan 1080p hingga 240 fps. Sensor ini juga mendukung format keluaran RAW8 (menggunakan kompresi DPCM / PCM), RAW10, dan RAW12.

Zoom dengan dua kamera telefoto

Di samping kamera utama, konfigurasi kamera telefoto di Galaxy S21 Ultra juga berbeda dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra sebelumnya.

Tak lagi mengandalkan kamera telefoto berlensa periskop dengan jangkauan zoom optis 4x, Galaxy S21 Ultra kini dibekali dua kamera telefoto, masing-masing memiliki jangkauan zoom optis 3x dan 10x.

Kedua kamera telefoto ini sama-sama beresolusi 10 MP. Lensa yang digunakan berbeda, yakni dengan focal length 70mm (ekuivalen full frame) dan aperture f/2.4 untuk telefoto 3x, dan focal length 240mm f/4.9 untuk telefoto 10x.

Mengapa perlu ada dua buah? Alasannya adalah untuk meningkatkan kualitas gambar saat pengguna melakukan zooming di tingkat yang berbeda-beda.

Baca juga: Galaxy S21 Series Dibekali Pemindai Sidik Jari Ultrasonic Terbaru, Ini Kelebihannya

Biasanya, teknik pembesaran optis menengah (3x) dipakai untuk pemotretan mode portrait, sedangkan pembesaran optis jarak jauh (10x) digunakan untuk melihat detail obyek di kejauhan.

Dengan menggunakan dua tingkat zoom berbeda, maka hasil foto akan lebih bagus di tingkat zoom menengah (3x) dan jauh (10x) karena merupakan hasil zoom optis, bukan pembesaran digital dari kamera wide atau kamera telefoto dengan jangkauan lebih pendek.

Pengguna Galaxy S21 Ultra juga akan mendapatkan kamera ultra wide. Namun, kamera ini agaknya tidak berubah dibandingkan sebelumnya, masih dengan lensa 13mm f/2.2 dan sensor 12 MP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com