Pria Ini Buang Hard Disk Berisi Bitcoin Senilai Rp 4 Triliun

Kompas.com - 19/01/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi Bitcoin. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi Bitcoin.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Perjalanan bitcoin diwarnai kejadian-kejadian apes di mana sejumlah besar cryptocurrency tersebut raib karena kealpaan pemiliknya. Misalnya seperti dialami oleh pria asal Inggris yang bernama James Howellsini.

Howells yang bekerja di bidang TI sudah mengumpulkan bitcoin sejak 2009. Pada 2013, saat sedang membereskan barangnya, dia membuang sebuah hard disk. Belakangan dia baru sadar bahwa di dalamnya ada 7.500 bitcoin.

"Saya menganggap bahwa harddisk ini telah berusia lebih dari tiga tahun. Maka saya membuangnya ke tempat sampah," kata Howells.

Baca juga: Bitcoin Pecahkan Rekor, Tembus Rp 283 Juta Per Keping

Di tahun yang sama, harga bitcoin meroket hingga menembus 1.000 dollar AS per keping. Howells pun gondok bukan kepalang. Harga ribuan bitcoin tersebut sekarang sudah meningkat lebih jauh lagi hingga mencapai 280 juta dollar AS atau hampir Rp 4 triliun.

James Howells, pria asal Wales, Inggris, yang membuang hard disk berisi 7.500 bitcoin pada 2013mirror.co.uk James Howells, pria asal Wales, Inggris, yang membuang hard disk berisi 7.500 bitcoin pada 2013
Kesialan yang menimpa Howells sebenarnya sudah diberitakan pada 2013. Namun, dia sepertinya masih penasaran dan berusaha menemukan hard disk tersebut.

Salah satu upaya terbaru Howells adalah mengajukan permohonan agar dewan kota tempat tinggalnya di Newport, Wales, membongkar tempat penimbunan sampah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjanjikan iming-iming 25 persen dari bitcoin di dalam hard disk, untuk diberikan ke sekitar 300.000 penduduk kota tersebut. Artinya, masing-masing orang bisa mendapat 240 dollar AS atau sekitar Rp 3,4 juta.

Baca juga: Lupa Password, Pemuda Ini Tak Bisa Akses Bitcoin Senilai Rp 3,1 Triliun

Namun, permintaan Howells ditolak mentah-mentah oleh dewan kota karena membutuhkan biaya sangat besar untuk menggali, menyimpan, dan mengolah limbah yang ada.

"Itu pun tidak ada jaminan hard disk yang bersangkutan dapat ditemukan, atau masih bisa berfungsi," ujar seorang juru bicara dewa kota Newport, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Selasa (19/1/2021). Howells pun terpaksa gigit jari lagi.

Bitcoin yang hilang dari kejadian macam begini ternyata terbilang besar. Jumlahnya diperkirakan mencapai 20 persen dari 18,5 juta bitcoin yang ada, atau senilai 140 miliar dollar AS. (Rp 1.970 triliun).



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X