Situs Xiaomi Abal-abal yang Tawarkan Diskon Palsu Segera Diblokir

Kompas.com - 20/01/2021, 07:12 WIB
Tampilan situs Xiaomi Indonesia palsu di alamat Mi-co.id KOMPAS.com/ OIK YUSUFTampilan situs Xiaomi Indonesia palsu di alamat Mi-co.id
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) bakal memblokir (suspend) website Xiaomi Indonesia palsu yang tampilannya mirip dengan situs resmi Xiaomi Indonesia.

Situs abal-abal tersebut menggunakan domain .id dengan alamat Mi-co.id, sengaja dibuat mirip dengan alamat situs resmi Xiaomi Indonesia di alamat Mi.co.id untuk mengecoh pengunjung.

Kepastian pemblokiran situs Xiaomi palsu disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Pandi, Yudho Giri Sucahyo.

Baca juga: Waspada Website Palsu Xiaomi, Jual Redmi Note 9 Harga Rp 1 Juta

"Iya, (Mi-co.id) akan di-suspend sesudah kami analisis dan konfirmasi lebih lanjut ke para pihak. (Proses ini) memakan waktu maksimum 3 hari," ujar Yudho kepada KompasTekno lewat percakapan WhatsApp, Selasa (19/1/2021). 

Yudho mengatakan bahwa Pandi membutuhkan waktu maksimal tiga hari untuk proses penelusuran ke berbagai pihak yang berkaitan dengan domain, sebelum situs itu bisa diblokir

Apabila proses analisis menunjukkan ada tindakan penyalahgunaan nama domain, seperti penipuan (phishing), maka pihak Pandi sebagai pengelola domain ".id" berhak menangguhkan akses ke situs tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yudho menambahkan, jika masyarakat menemukan situs mencurigakan lainnya yang memiliki domain ".id", maka mereka bisa melaporkannya ke e-mail helpdesk@pandi.id. Laporan juga bisa disampaikan melalui situs resmi Pandi.id di tautan berikut.

Tebar diskon palsu

Daftar harga produk Xiaomi di situs palsu.KOMPAS.com/Bill Clinten Daftar harga produk Xiaomi di situs palsu.

Situs Xiaomi Indonesia palsu menggunakan domain Mi-co.id. Website ini juga memiliki beberapa sub-domain, seperti event.mi-co.id, shop.mi-co.id, dan lain sebagainya.

Selain alamat yang mirip, tampilan situs palsu juga dirancang semirip mungkin agar terlihat seperti situs asli Mi.co.id. Selain itu, konsumen juga diiming-imingi oleh berbagai diskon produk Xiaomi sehingga harganya menjadi jauh lebih terjangkau dibanding harga pasar.

Baca juga: Xiaomi, Depak Apple dari 3 Besar kemudian Masuk Daftar Hitam AS

Redmi Note 9 varian 6 GB/128 GB, misalnya, dijual dengan harga Rp 1.099.000. Padahal, di situs resmi harga aslinya Rp 2.499.000. Kemudian ada Poco X3 NFC 8 GB/128 GB yang dilego dengan harga Rp 2.299.000, jauh dari harga resmi yang dipatok di angka Rp 3.499.000.

Mengetahui ada situs palsu semacam ini, pihak Xiaomi Indonesia pun langsung angkat bicara.

Lewat beberapa unggahan Instagram Stories melalui akun @xiaomi.indonesia, mereka mengimbau konsumen untuk berhati-hati terhadap segala macam penipuan yang mengatasnamakan pembuat smartphone seri Redmi Note ini.

"Hati-hati penipuan, pihak Xiaomi Indonesia tidak pernah mengeluarkan promosi ini. Harap cek kembali website resmi yang kami gunakan tidak menggunakan (tanda) strip (-)," ujar akun @xiaomi.indonesia dalam sebuah unggahan Instagram Stories.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X