Foxconn Bikin Pabrik Baru di Vietnam, untuk Rakit MacBook dan iPad?

Kompas.com - 20/01/2021, 11:13 WIB
Ilustrasi Foxconn. ReutersIlustrasi Foxconn.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pekan ini, vendor perakit iPhone asal Taiwan, Foxconn resmi mendapatkan izin dari pemerintah Vietnam untuk membangun pabrik barunya.

Pabrik yang nantinya berlokasi di provinsi Bac Giang, Vietnam ini bakal dikembangkan oleh Fukang Technology dengan dana senilai 270 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,8 triliun (kurs 1 dolar AS Rp 14.111).

Rencananya, pabrik ini bakal membuat sekitar 8 juta perangkat laptop dan tablet per tahun dan diprediksi bakal beroperasi sekitar paruh pertama 2021.

Menurut laporan yang beredar, perangkat laptop dan tablet yang dimaksud adalah MacBook dan iPad yang selama ini dirakit di China.

Konon, pemindahan produksi ini merupakan strategi Apple untuk mengalihkan sejumlah produksinya ke luar China. Hal ini disinyalir bertujuan untuk meredam konflik perdagangan antara AS-China yang terus memanas.

Baca juga: Pendapatan Foxconn Turun 90 Persen, Efek Covid-19

"Langkah (pemindahan) ini berdasarkan permintaan Apple. Mereka ingin memperluas lini produksinya di tengah konflik perdagangan (AS-China) yang sedang terjadi," ujar seorang sumber, dikutip KompasTekno dari Reuters, Rabu (20/1/2020).

Kendati demikian, Apple dan Foxconn masih bungkam soal pembangunan pabrik baru ini.

Foxconn sendiri tampaknya gencar berinvestasi Vietnam. Sejauh ini, pabrik perakit asal Taiwan itu sudah mengucurkan dana sekitar 1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 21 triliun) untuk operasional bisnis di wilayah tersebut.

Angka ini diprediksi bakal bertambah lantaran Foxconn berencana untuk menggelontorkan investasi tambahan senilai 700 juta dolar AS (sekitar Rp 9,8 triliun) dan merekrut kurang lebih 10.000 pekerja lokal pada 2021.

Selain itu, Foxconn juga dikabarkan bakal mengucurkan dana tambahan sekitar 1,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 18,2 triliun) untuk perluasan bisnis di provinsi Thanh Hoa, Vietnam.

Baca juga: Pabrik Apple Dituding Mengeksploitasi Buruh untuk Produksi iPhone



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X