Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Bikin Pabrik Baru di Vietnam, untuk Rakit MacBook dan iPad?

Kompas.com - 20/01/2021, 11:13 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pekan ini, vendor perakit iPhone asal Taiwan, Foxconn resmi mendapatkan izin dari pemerintah Vietnam untuk membangun pabrik barunya.

Pabrik yang nantinya berlokasi di provinsi Bac Giang, Vietnam ini bakal dikembangkan oleh Fukang Technology dengan dana senilai 270 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,8 triliun (kurs 1 dolar AS Rp 14.111).

Rencananya, pabrik ini bakal membuat sekitar 8 juta perangkat laptop dan tablet per tahun dan diprediksi bakal beroperasi sekitar paruh pertama 2021.

Menurut laporan yang beredar, perangkat laptop dan tablet yang dimaksud adalah MacBook dan iPad yang selama ini dirakit di China.

Konon, pemindahan produksi ini merupakan strategi Apple untuk mengalihkan sejumlah produksinya ke luar China. Hal ini disinyalir bertujuan untuk meredam konflik perdagangan antara AS-China yang terus memanas.

Baca juga: Pendapatan Foxconn Turun 90 Persen, Efek Covid-19

"Langkah (pemindahan) ini berdasarkan permintaan Apple. Mereka ingin memperluas lini produksinya di tengah konflik perdagangan (AS-China) yang sedang terjadi," ujar seorang sumber, dikutip KompasTekno dari Reuters, Rabu (20/1/2020).

Kendati demikian, Apple dan Foxconn masih bungkam soal pembangunan pabrik baru ini.

Foxconn sendiri tampaknya gencar berinvestasi Vietnam. Sejauh ini, pabrik perakit asal Taiwan itu sudah mengucurkan dana sekitar 1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 21 triliun) untuk operasional bisnis di wilayah tersebut.

Angka ini diprediksi bakal bertambah lantaran Foxconn berencana untuk menggelontorkan investasi tambahan senilai 700 juta dolar AS (sekitar Rp 9,8 triliun) dan merekrut kurang lebih 10.000 pekerja lokal pada 2021.

Selain itu, Foxconn juga dikabarkan bakal mengucurkan dana tambahan sekitar 1,3 miliar dolar AS (sekitar Rp 18,2 triliun) untuk perluasan bisnis di provinsi Thanh Hoa, Vietnam.

Baca juga: Pabrik Apple Dituding Mengeksploitasi Buruh untuk Produksi iPhone

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com