Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Hentikan Produksi SSD Optane untuk PC Desktop

Kompas.com - 20/01/2021, 13:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Intel memiliki jajaranSSD dengan memori Optane untuk desktop yang disebut sebagai drive terkencang untuk bermain game. Belakangan, muncul kabar bahwa Intel memutuskan untuk mengentikan produksi lini SSD berharga mahal tersebut.

Hal itu diketahui dari perubahan di laman Product Change Notification (PCN) di situs Intel. Sang pabrikan pun sudah mengkonfirmasi bahwa lini SSD Optane untuk desktop memang dihentikan produksinya.

Baca juga: Serangan Terakhir Trump Jelang Lengser, Larang Huawei Pakai Prosesor Intel

"Intel tidak akan memberikan SSD Optane Memory berkapasitas besar sebagai produk transisi untuk segmen pasar klien. Intel akan berfokus di Octane Memory H20 dengan solid state storage untuk segmen pasar klien," tulis Intel di dokumen PCN.

Artinya, jajaran drive Optane untuk desktop praktis disetop tanpa pengganti. Dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (20/1/2021), ada belasan model yang dipangkas, termasuk dari seri 900, 905P, 800P, dan M10. Selengkapnya sebagai berikut.

  • Optane 900P/905P (add-in-card)—1,5TB, 960GB, 480GB, 280GB
  • Optane 900P/905P (U.2)—1,5TB, 960GB, 480GB, 280GB
  • Optane 905P (M.2)—380GB
  • Optane M10 (M.2)—64GB, 32GB, 16GB
  • Optane 800P (M.2)—118GB, 58GB

Octane Memory H20 adalah modul memori untuk laptop yang jenis memorinya merupakan campuran Optane dan NAND. Kinerjanya tidak sekencang drive Optane untuk desktop yang hanya menggunakan memori Optane. Intel juga masih memiliki produk Optane untuk server.

Tanda-tanda tamatnya riwayat Optane untuk desktop sebenarnya sudah beberapa lama terlihat. Drive SSD dengan chip  memori bikinan Intel ini hanya mengisi celah kecil di pasaran karena harganya mahal, meskipun sangat kencang.

Baca juga: Intel Jual Bisnis SSD Rp 132 Triliun ke SK Hynix

Apalagi, SSD dengan chip memori yang lebih konvensional belakangan juga semakin bertambah kencang sambil menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Namun, pertanda yang paling jelas adalah penjualan saham Intel di fasilitas produksi memori 3D XPoint (Optane) ke Micron pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com