Bos WhatsApp: Kami Sadar Kebijakan Baru Membingungkan Pengguna

Kompas.com - 20/01/2021, 13:46 WIB
Ilustrasi WhatsApp PhoneArenaIlustrasi WhatsApp
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - WhatsApp belakangan membuat heboh para penggunanya dengan pengumuman serangkaian kebijakan privasi baru.

Salah satu isi dari kebijakan itu menyebut bahwa percakapan dengan akun bisnis di WhatsApp akan dibagikan dengan perusahaan induknya, Facebook. Apabila pengguna tidak setuju, maka akun mereka terancam bakal tidak bisa digunakan lagi.

Baca juga: 5 Poin Klarifikasi Terbaru Aturan Baru WhatsApp

Hal ini lantas menghebohkan sejumlah pengguna. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang dikabarkan "minggat" ke platform percakapan lain, seperti Signal atau Telegram.

Untuk menenangkan suasana, Head of WhatsApp, Will Cathcart akhirnya buka suara dalam sebuah wawancara.

Ia mengaku bahwa kebijakan tersebut ternyata membuat sejumlah pengguna bingung. Namun, pihak WhatsApp sebenarnya hanya ingin transparan kepada pengguna soal apa saja yang akan terjadi apabila mereka berkomunikasi dengan akun bisnis.

"Kami sadar pembaruan ini membuat sejumlah pengguna bingung. Kami sebenarnya tidak mau seperti itu," ujar Will, dikutip KompasTekno dari GadgetsNow, Rabu (20/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kebijakan ini diumumkan secara transparan supaya pengguna tahu bagaimana komunikasi antar-pengguna dan akun bisnis di WhatsApp terjadi," imbuh Will.

Will mengatakan bahwa transparansi ini penting. Sebab, di masa depan, bukan tidak mungkin pengguna WhatsApp bakal banyak yang bercakap-cakap dengan akun bisnis, misalnya untuk berbelanja.

Baca juga: Mulai Ditinggal Pengguna, WhatsApp Pasang Iklan Besar di Koran

Kebijakan baru yang opsional

Terkait kebijakan baru, Will mengatakan bahwa aturan main ini sebenarnya berlaku secara opsional, baik itu bagi pengguna maupun akun bisnis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X