Ini Video 50 Detik Penampakan Jack Ma Setelah Menghilang 3 Bulan

Kompas.com - 20/01/2021, 14:51 WIB
HANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images) VCGHANGZHOU, CHINA - AUGUST 28: Alibaba Group Chairman Jack Ma attends 2019 Global Conference on Women and Entrepreneurship on August 28, 2019 in Hangzhou, Zhejiang Province of China. (Photo by VCG/VCG via Getty Images)
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah berbulan-bulan dikabarkan "hilang", pendiri Alibaba, Jack Ma akhirnya muncul ke publik.

Ma muncul dalam sebuah cuplikan video telekonferensi berdurasi sekitar 50 detik. Video ini pertama kali diunggah oleh Tianmu News, salah satu anak perusahaan dari media cetak yang dimiliki oleh pemerintah provinsi Zhejiang, China.

Baca juga: Jack Ma Akhirnya Muncul Kembali, Setelah Menghilang 3 Bulan

Video tersebut lantas disebar ulang oleh sejumlah media internasional, seperti Global Times, India Today, hingga BNO News di akun resmi media sosial masing-masing.

Dalam video, Ma tampak tenang dan serius. Dia terlihat tengah duduk di depan sebuah tembok bergambar lukisan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ma dikabarkan tengah menghadiri acara online bertajuk "Rural Teacher Initiative" dengan para guru yang tinggal di pedalaman. Namun, tidak diketahui dari mana dia berbicara.

Acara tersebut sebenarnya diadakan tiap tahun sejak 2015 oleh Jack Ma Foundation, bertepatan dengan liburan nasional Laba Holiday. Namun, kali ini, pada Rabu (20/1/2021), untuk pertama kalinya acara digelar secara online karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Perusahaan Jack Ma Bakal Dinasionalisasi China, Apa Artinya?

Juru bicara Jack Ma Foundation membenarkan bahwa petinggi Alibaba tersebut memang hadir dalam pertemuan online dimaksud.

"Jack Ma hadir dalam gelaran upacara virtual di ajang Rural Teacher Initiative yang digelar setiap tahunnya pada tanggal 20 Januari," ujar sang juru bicara, dihimpun KompasTekno dari CNBC, Rabu (20/1/2020).

Situs Tianmu News yang menjadi sumber video juga menampilkan sebuah tangkapan layar yang menampilkan Ma tengah melambaikan tangan kepada para partisipan.

Ilustrasi Jack Ma yang tengah menghadiri suatu video konferensi, menandakan kehadirannya di publik pertama kali setelah tiga bulan menghilang. Tianmu News Ilustrasi Jack Ma yang tengah menghadiri suatu video konferensi, menandakan kehadirannya di publik pertama kali setelah tiga bulan menghilang.

"Setelah pandemi berakhir, kami akan berusaha menggelar acara lagi di Sanya dan kita akan bertemu di sana," ujar Ma kepada para guru. Video selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Sebelumnya, Ma, yang juga merupakan mantan guru bahasa Inggris, mendadak " hilang" setelah melontarkan kritik pedas terhadap regulator finansial dan perbankan China dalam sebuah pidato di Shanghai, 24 Oktober lalu.

Dia menuding bahwa bank-bank di China beroperasi dengan mentalitas "rumah gadai" menyangkut jaminan untuk kredit, sementara regulasi perbankan yang berlaku dinilainya menghambat inovasi dan harus direformasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Berawal dari Kritikan Jack Ma, China Periksa dan Bentuk Satgas Alibaba

Pernyataan Ma agaknya membuat panas telinga pemerintah China yang kemudian memperketat regulasi bisnis fintech sehingga perusahaan Ant Group milik Ma gagal melantai di bursa.

Pemerintah China pun membentuk satuan tugas untuk menyelidiki dugaan praktik monopoli yang dilakukan oleh Alibaba.



Sumber CNBC,Quartz
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X