Prototipe Ponsel Lipat Apple Seukuran iPhone 12 Pro Max

Kompas.com - 20/01/2021, 18:33 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing

KOMPAS.com - Sejak beberapa waktu terakhir, berembus kabar bahwa Apple tengah mempersiapkan iPhone layar lipat. Baru-baru ini, Apple disebut tengah membuat prototipe dari ponsel tersebut.

 

Menurut sumber yang dekat dengan masalah ini, Apple kabarnya masih berfokus melakukan proses pengujian layar sehingga masih belum membuat prototipe secara lengkap.

Laporan tersebut mengatakan iPhone lipat ini akan memiliki ukuran yang sama dengan iPhone 12 Pro Max, yakni berukuran 6,7 inci apabila sedang dalam keadaan terbuka.

Sebagai perbandingan, ukuran layar Samsung Galaxy Z Fold adalah 6,2 inci saat terbuka. Artinya, ukuran iPhone layar lipat akan sedikit lebih besar.

iPhone lipat milik Apple ini disebut bakal menggunakan engsel yang diletakkan di dalam layar, mengikuti paten yang didapat Apple pada 2020 lalu.

Baca juga: Inikah Tanggal Peluncuran iPhone SE Generasi Ketiga?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bedanya, iPhone lipat ini kemungkinan bakal hadir dengan tambahan fitur-fitur terbaru seperti misalnya pemindai sidik jari di dalam layar. Meski demikian, belum diketahui kapan iPhone lipat ini akan resmi diluncurkan di pasaran.

Karena masih dalam tahap pengembangan, perangkat ini diduga belum akan hadir dalam waktu dekat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (20/1/2021).

Apple sendiri sampai saat ini belum memiliki lini ponsel layar lipat, berbeda dengan dua pesaingnya yakni Samsung dan Huawei.

Sejak 2019 lalu Samsung telah merilis beberapa ponsel layar lipat yakni Galaxy Fold generasi pertama, Galaxy Fold 2, dan Galaxy Z Fold. Begitu pula dengan Huawei yang merilis Mate X dan Mate Xs.

Pada November 2020 lalu, tersiar juga kabar bahwa Apple sudah mulai mengujicoba iPhone layar lipat dan diperkirakan akan meluncur pada September 2022. Kabar tersebut muncul dari media asal China, Economic Dialy News, yang mendapat informasi dari sumber dalam industri.

Baca juga: Sejarah 14 Tahun Perjalanan iPhone dari Masa ke Masa

Menurut sumber, Apple telah mengirimkan ponsel layar lipatnya kepada Foxconn selaku pabrikan rekanan.

Rumor keberadaan iPhone lipat ini sebenarnya sudah muncul sejak 2016 lalu. Akan tetapi, hingga saat ini Apple belum menelurkan satu pun ponsel layar lipat.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.