Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Line Webtoon Bakal Akuisisi Wattpad Senilai Rp 8 Triliun

Kompas.com - 21/01/2021, 07:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ZDNet,BetaKit

KOMPAS.com - Naver mengumumkan rencana perusahaannya untuk mengakuisisi platform berbagi cerita Wattpad senilai 652,5 miliar won (kira-kira Rp 8,3 triliun).

Naver merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang terkenal sebagai penyedia layanan mesin pencari, pendiri aplikasi chat Line, dan pemilik portal komik Webtoon.

Sedangkan Wattpad dikenal sebagai platform atau aplikasi khusus untuk mereka yang gemar membaca dan berbagi cerita panjang atau pun novel. Di Wattpad, pengguna dapat menemukan berbagai novel atau tulisan dari pehobi menulis dari seluruh dunia.

Saat ini, kedua perusahaan sedang melakukan penjajakan akusisi. Naver berharap pihaknya bisa menyelesaikan proses akuisisi ini pada semester pertama 2021.

Naver agaknya mengakuisisi Wattpad tak lain karena untuk mengembangkan bisnis platform komik miliknya, Webtoon.

Naver berharap, dengan adanya akuisisi ini, Webtoon bisa memiliki jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 160 juta.

Hal ini mengingat Webtoon saat ini tercatat memiliki 72 juta pengguna aktif bulanan. Sedangkan Wattpad sendiri memiliki lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan.

Selain itu, akuisisi ini memungkinkan Naver untuk mengonversi cerita fiksi yang ada di Wattpad menjadi bentuk komik di Webtoon.

Menurut Naver, akuisisi Wattpad juga akan memungkinkan perusahaan memperkuat bisnisnya di Amerika Utara. Pihak Wattpad sendiri juga telah mengonfirmasi soal rencana akuisisi ini.

Baca juga: Pengguna Line Kini Bisa Bikin Avatar Animasi, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun dari Betakit, jika jadi diakuisisi, pendiri Wattpad Allen Lau memastikan platformnya akan terus beroperasi secara mandiri di Kanada.

Wattpad juga masih akan dipimpin di bawah komando pendirinya, Lau dan Ivan Yuen. Lau mengungkapkan, Wattpad senang bisa bergabung dengan Webtoon di bawah naungan Naver.

Lau tak memungkiri, akuisisi ini juga merupakan langkah awal membawa bisnis Wattpad ke level selanjutnya.

"Terutama untuk melanjutkan pertumbuhan kami, membantu lebih banyak penulis menghasilkan uang, dan membawa cerita-cerita baru ke layar maupun toko buku di mana saja,” kata Lau, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Betakit, Kamis (21/1/2021).

Sebagai informasi, Wattpad mencatat ada 90 juta pengguna aktif bulanan yang menghabiskan lebih dari 23 miliar menit per bulan untuk membaca cerita di platformnya.

Di samping itu, perusahaan yang didirikan tahun 2006 ini juga telah menandatangani berbagai kesepakatan produksi untuk mengangkat cerita di platform miliknya menjadi buku, film, layar lebar, hingga serial televisi.

Baca juga: Line Bisa Video Call 500 Orang Sekaligus, Begini Caranya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ZDNet,BetaKit
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com