Induk Line Webtoon Bakal Akuisisi Wattpad Senilai Rp 8 Triliun

Kompas.com - 21/01/2021, 07:01 WIB
Naver akan akuisisi Wattpad senilai Rp 8,3 triliun. Galuh Putri Riyanto/ Kompas.comNaver akan akuisisi Wattpad senilai Rp 8,3 triliun.

KOMPAS.com - Naver mengumumkan rencana perusahaannya untuk mengakuisisi platform berbagi cerita Wattpad senilai 652,5 miliar won (kira-kira Rp 8,3 triliun).

Naver merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang terkenal sebagai penyedia layanan mesin pencari, pendiri aplikasi chat Line, dan pemilik portal komik Webtoon.

Sedangkan Wattpad dikenal sebagai platform atau aplikasi khusus untuk mereka yang gemar membaca dan berbagi cerita panjang atau pun novel. Di Wattpad, pengguna dapat menemukan berbagai novel atau tulisan dari pehobi menulis dari seluruh dunia.

Saat ini, kedua perusahaan sedang melakukan penjajakan akusisi. Naver berharap pihaknya bisa menyelesaikan proses akuisisi ini pada semester pertama 2021.

Naver agaknya mengakuisisi Wattpad tak lain karena untuk mengembangkan bisnis platform komik miliknya, Webtoon.

Naver berharap, dengan adanya akuisisi ini, Webtoon bisa memiliki jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 160 juta.

Hal ini mengingat Webtoon saat ini tercatat memiliki 72 juta pengguna aktif bulanan. Sedangkan Wattpad sendiri memiliki lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, akuisisi ini memungkinkan Naver untuk mengonversi cerita fiksi yang ada di Wattpad menjadi bentuk komik di Webtoon.

Menurut Naver, akuisisi Wattpad juga akan memungkinkan perusahaan memperkuat bisnisnya di Amerika Utara. Pihak Wattpad sendiri juga telah mengonfirmasi soal rencana akuisisi ini.

Baca juga: Pengguna Line Kini Bisa Bikin Avatar Animasi, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun dari Betakit, jika jadi diakuisisi, pendiri Wattpad Allen Lau memastikan platformnya akan terus beroperasi secara mandiri di Kanada.

Halaman:


Sumber ZDNet,BetaKit
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.