Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Ma Kembali, Saham Alibaba Melesat Naik

Kompas.com - 21/01/2021, 08:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemunculan perintis Alibaba, Jack Ma di publik setelah tiga bulan "menghilang", disambut baik oleh pasar modal.

Beberapa jam setelah Jack Ma diberitakan muncul kembali, harga saham Alibaba Group (BABA) menguat lebih dari 8 persen ke angka 265 dollar Hong Kong per lembar, hingga penutupan perdagangan saham di Hong Kong, Rabu (20/1/2021).

Bahkan harga saham Alibaba sempat menyentuh angka 270 dollar Hong Kong per lembar pada hari tersebut.

Pada akhir sesi perdagangan hari sebelumnya, Selasa (19/1/2021), harga saham BABA sendiri diketahui ditutup di angka 251 dollar Hong Kong, berdasarkan data dari MarketWatch.

Baca juga: Jack Ma Akhirnya Muncul Kembali, Setelah Menghilang 3 Bulan

Ilustrasi harga saham Alibaba Group yang menguat setelah Jack Ma muncul.MarketWatch Ilustrasi harga saham Alibaba Group yang menguat setelah Jack Ma muncul.
Dengan demikian, saham Alibaba kembali ke kondisi sekitar akhir November lalu, di mana harga saham Alibaba tercatat berada di sekitar angka yang sama.

Sejak itu, harga saham tercatat tidak lebih tinggi dari titik tersebut dan bahkan sempat merosot ke angka 210 dollar Hong Kong pada akhir Desember 2020.

Sebagai informasi, harga saham tertinggi Alibaba pada 2020 lalu sempat menyentuh angka 302 dollar Hong Kong per lembar, tepatnya Oktober 2020.

Meski demikian, harga saham Alibaba saat ini belum mampu menyentuh angka tertinggi dalam tiga bulan terakhir, atau sekitar akhir Oktober lalu ketika Ma dikabarkan menghilang dari publik.

Belum bisa diprediksi apakah kehadiran Ma di kemudian hari bisa mengembalikan harga sahamnya ke angka tersebut atau tidak.

Ma kembali

Sebagai informasi, Ma, yang merupakan mantan guru bahasa Inggris, mendadak "hilang" setelah melontarkan kritik pedas terhadap regulator finansial dan perbankan China dalam sebuah pidato di Shanghai, 24 Oktober lalu.

Ma lantas muncul ke publik tiga bulan setelahnya, yakni Rabu (21/1/2021) dalam sebuah video singkat berdurasi 50 detik.

Baca juga: Ini Video 50 Detik Penampakan Jack Ma Setelah Menghilang 3 Bulan

Video ini diketahui merupakan cuplikan dari Ma yang tengah menghadiri upacara virtual dalam acara tahunan Rural Teacher Initiative, yang biasanya diselenggarakan secara tahunan untuk memeriahkan momen liburan Laba Festival. 

Acara ini sendiri dihadiri oleh ratusan guru yang tinggal di daerah pelosok dan kini digelar secara online sebagai dampak dari Covid-19.

Mengkritik pemerintah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com