Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Dilantik, Twitter Reset Akun Resmi Presiden AS

Kompas.com - 21/01/2021, 10:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter menghapus (reset) seluruh twit akun @POTUS, beberapa saat setelah Joe Biden resmi dilantik menjadi Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS), Rabu (20/1/2021) waktu setempat.

Pantauan KompasTekno, Kamis (21/1/2021), akun @POTUS kini memiliki 4 juta pengikut (followers) dan baru mengunggah beberapa twit.

Twit pertamanya, yang diunggah sekitar enam jam lalu, merupakan konfirmasi dari Biden bahwa ia akan pergi ke Kantor Oval untuk langsung bekerja melaksanakan tugasnya, meski baru beberapa jam dilantik.

Akun ini sendiri diketahui merupakan akun @PresElectBiden yang namanya diganti menjadi @POTUS. Hal ini diketahui dari satu twit yang tampaknya tidak dihapus oleh Twitter.

Twit yang diunggah pada 15 Januari tersebut berisi konfirmasi bahwa akun @PresElectBiden akan berubah menjadi @POTUS pada saat Biden resmi dilantik. 

Baca juga: Twitter Tutup Permanen Akun Donald Trump

POTUS sendiri merupakan singkatan dari President of the United States. Setiap Presiden AS akan menggunakan akun twitter ini selama menjabat. Setelah masa jabatan habis atau lengser, akun @POTUS akan dialihnama.

Akun @POTUS pada pemerintahan Trump sendiri dialih nama menjadi @POTUS45. Angka "45" tersebut memiliki arti Presiden ke-45 AS. Semua kicauan Donald Trump yang dan followers-nya diarsipkan di akun tersebut.

Pengguna yang mengikuti akun tersebut juga akan diberitahu lewat notifikasi bahwa akun @POTUS Trump sudah dialihkan.

Selain @POTUS, Twitter juga me-reset dan mengalihkan kepemilikan akun pemerintah AS lainnya, seperti akun Gedung Putih (@WhiteHouse), Wakil Presiden Kamala Harris (@VP), Istri Biden, Jill Biden @Flotus, dan Sekretaris Pers Kepresidenan, Jen Psaki (@PressSec).

Baca juga: Ini Isi Twit Trump Setelah Akun Twitter-nya Dimatikan 12 Jam

Semua kicauan dan followers akun tersebut diarsipkan ke akun @WhiteHouse45, @VP45, @Flotus45, dan @PressSec45.

Twitter juga membuat akun resmi pemerintah AS baru untuk pertama kalinya yang bernama @SecondGentleman. Akun tersebut dipegang oleh suami dari Wakil Presiden Harris, Douglas Emhoff.

Adapun akun pribadi Biden masih sama, yaitu @JoeBiden. Akun tersebut telah mengunggah lebih dari 7.000 twit dan memiliki 25,3 juta followers. Sedangkan akun pribadi Trump, @realDonaldTrump, tampaknya masih diblokir oleh Twitter.

Berbeda dengan tahun lalu

Langkah Twitter yang mereset akun @Potus ini tampaknya berbeda dengan pada saat Trump dilantik menjadi Presiden AS beberapa tahun lalu.

Kala itu, akun @POTUS, unggahan dan followers-nya, tidak disetel ulang dan hanya dipindahtangankan saja dari Presiden sebelumnya, Barack Obama ke Trump.

Hal yang dilakukan Twitter saat ini ternyata berbeda dari Facebook dan YouTube. Alih-alih mereset, kedua platform ini "mewariskan" akun resmi pemerintahan yang sebelumnya dipegang oleh Trump ke pemerintahan Biden, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WashingtonPost, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Ucapan Selamat dari Para Bos Teknologi untuk Joe Biden dan Kamala Harris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com